4 Strategi Pembinaan UMKM Kukar, KKI dan Program Digitalisasi Telah Berjalan

Kukar, Prediksi.co.id- Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah menjelma sebagai salah satu pilar vital perekonomian Indonesia, apalagi telah terbukti tahan terhadap krisis, bahkan menjadi booster pemulihan ekonomi pada saat krisis, termasuk pandemi Covid-19 saat ini.  

Kadiskop UKM Kukar Tajudin menjelaskan bahwa OPD yang dipimpinnya merupakan leading sektor dalam pembinaan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

Namun di lapangan faktanya banyak OPD bahkan instansi vertikal yang juga menjadikan UMKM sebagai sasaran pembinaan.

"Terutama dalam pembinaan UMKM di Kabupaten Kukar, banyak OPD atau instansi yang membina seperti BPN, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang cenderung berorientasi pada  penumbuhan wirausaha baru,"ungkapnya.

Dalam memajukan UMKM, Tajudin menyampaikan dinasnya memiliki 4 strategi dalam pembinaan UMKM di Kukar, yang pertama menumbuhkan wira usaha baru, kedua yaitu penguatan kapasitas kualitas dan kuantitas UMKM, ketiga, memberikan akses permodalan dan yang terakhir ialah, memberikan akses pasar bagi pelaku UMKM.  

Dijelaskannya pada strategi ketiga, Pemkab Kukar telah memberikan akses Kredit Kukar Idaman (KKI) sebagai bagian dari Program Dedikasi Kukar Idaman. Sedangkan pada strategi keempat telah dilakukan melalui program digitalisasi dan menyertakan UMKM dalam expo.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama