Beri Pelatihan Leadership Seluruh Ketua RT Desa Suka Maju, Samsun: Tauladan Adalah Kepemimpinan Tertinggi

Kukar, Prediksi.co.id- Wakil Ketua DPRD Kaltim memberi pembekalan dalam bimbingan teknis (Bimtek). Pelatihan kepemimpinan untuk seluruh Ketua RT, lembaga masyarakat, dan tokoh masyarakat se-Desa Suka Maju, Kecamatan Tenggarong Seberang. Dengan tema "Kepemimpinan Adalah Kapasitas Menerjemahkan Visi Pemerintah". Bertempat di Kaltim Park, Pantai Kuala Samboja, Selasa (27/12/2022).

"Kepemimpinan atau leadership yang paling tinggi itu adalah ilmu pengaruh, yakni memengaruhi orang dengan contoh, tauladan, sikap kita sebagai seorang pemimpin," terang Politisi PDI Perjuangan ini.

Dalam penyampaian materinya, Samsun juga melakukan simulasi. Bagaimana perilaku yang dicontohkan, secara otomatis diikuti oleh orang lain tanpa dipaksa. Dibanding dengan kata-kata yang diucapkan.

"Ini membuktikan, tauladan atau contoh yang diberikan. Akan mudah diterima, dapat memengaruhi. Inilah kepemimpinan yang kita perlukan,"ungkapnya.

Selanjutnya ia menjelaskan, seorang TNI Polri, pemimpinnya dihormati karena ada rantai komando. Karena ada kekuasaan yang diberikan, contoh lain, ada di perusahaan, manager diikuti karena ada hukuman/pemecatan. Jika tidak melakukan perintah pimpinannya maka ada sanksi.

Berbeda dengan para ketua RT, sebagai perpanjangan pemerintah, kehadirannya selalu diperlukan. "Saat gotong royong, tanpa ditakut-takuti, tanpa ada iming-iming dibayar, seluruh warga ikut suka rela gotong royong. Ini karena sosok RT, yang juga ikut gotong royong, mencontohkan, pegang arit, terdepan bersihkan lingkungan. itu yang membuat ramai, kalau Pak RTnya diam saja, tidak membersamai warganya, bisa sepi kegiatannya,"papar Samsun.

Para ketua RT, Bendahara DPD PDI Perjuangan Kaltim ini menyebut, sudah tak diragukan lagi kepemimpinannya. Ada yang telah menjadi ketua RT selama 10 tahun, ada yang belasan tahun. Memimpin warganya, menjadi pemecah masalah di lingkungannya.

Di akhir penyampaian materi, secara bergantian, Ketua RT dari RT 01 sampai RT 16 mempraktekkan, sebagai pemimpin berbicara ke warganya. Hal ini dimaksudkan untuk mengembangkan soft skill komunikasi. Agar para ketua RT mampu menerjemahkan visi misi pemerintahan, sampai keseluruh lapisan masyarakat.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama