Melestarikan Budaya Lokal, Pemkot Samarinda Launching Buku Mulok

 

Resmi di Luncurkan: Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi meresmikan peluncuran buku Muatan Lokal 



Samarinda, Prediksi.co.id- Kita patut berbangga sebagai orang Indonesia, memiliki kekayaan tradisi, budaya,dan kesenian daerah, keragaman itulah yang difokuskan oleh Pemkot Samarinda. Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi berkesempatan hadir dalam launching buku muatan lokal (mulok) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Samarinda di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Samarinda, Jalan Biola, Senin (5/11/2022).

“Hari ini peluncuran buku muatan lokal. Seperti bahasa daerah, kesenian daerah, olahraga tradisional dan cerita rakyat Kaltim. Di sini kita penting untuk mendudukkan muatan lokal dalam konteks melestarikan budaya lokal Kaltim termasuk melestarikan sejarah peradaban bangsa. Yang seperti kita ketahui kerajaan tertua di nusantara ada di Kaltim,” jelasnya.

Rusmadi menuturkan, dunia pendidikan menjadi salah satu sektor penting dalam menanamkan nilai-nilai luhur bangsa. Serta membangun karakter kearifan lokal pelajar melalui mata pelajaran mulok.

“Misalnya, melalui kesenian Sandima Mamanda, juga alat menanamkan nilai kepada anak-anak kita. Jadi muatan lokal bukan sekedar sesuai dengan nilai prinsip pendidikan, tapi juga memberikan nilai-nilai kebaikan kepada anak-anak kita seperti pola hidup bersih, menjaga lingkungan, mencintai tanaman yang memberikan oksigen yang baik bagi kita,” imbuh Rusmadi yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Samarinda.

Penerapan mata pelajaran mulok, jelas Rusmadi, di sekolah akan mengembangkan bidang-bidang kompetensi peserta didik sesuai dengan ciri khas, potensi dan keunggulan daerah. Dalam kesempatan itu Rusmadi juga mengapresiasi kepada para guru-guru yang telah berkarya membuat buku-buku muatan lokal ini.

Kepala Disdikbud Kota Samarinda Dr Asli Nuryadin menjelaskan launching buku Mulok kota Samarinda menjadi suatu lompatan kemajuan dari kota Samarinda. Karena baru pertama kali Samarinda menetapkan pelajaran muatan lokal yang benar-benar mengangkat dari akar budaya lokal yang asli sebagai bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. 

Asli menjelaskan buku muatan lokal Samarinda yang diluncurkan tersebut mengacu pada Peraturan Wali (Perwali) Kota Samarinda Nomor 15 tahun 2022 tentang Penetapan Pelajaran Muatan Lokal pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Anak Usia Dini.

Mulok pada tingkatan PAUD/TK/RA dan SD/MI memiliki empat bidang studi meliputi, bahasa daerah, kesenian daerah, olahraga tradisional, dan cerita rakyat Kaltim. Sedangkan pada tingkat SMP/MTS memiliki tujuh bidang studi meliputi 3 tambahan bidang khusus yaitu pendidikan lingkungan hidup, pendidikan anti korupsi, dan pendidikan lalu lintas.

Dalam kegiatan itu, selain launching juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan dari berbagai lomba kegiatan memeriahkan Hari Guru Nasional tahun 2022, penghargaan kepada pemenang lomba Porseni PGRI tingkat Provinsi Kaltim di Berau.

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama