Kembangkan Pertanian Jahe, 10 Hektare Lahan di Desa Jonggon dan Margahayu Akan Dimatangkan

POTENSI: Persiapan lahan untuk ditanami jahe

Tenggarong, Prediksi.co.id - Guna mengembangkan kawasan dan memenuhi kebutuhan produksi jahe, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar) saat ini tengah menyiapkan lahan seluas 10 hektare di Desa Jonggon Jaya, dan Margahayu. 


Hal ini disebutkan oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Distanak Kukar, Sugiono untuk memenuhi kebutuhan produksi dari Rumah Pengolahan Bersama (RPB) jahe di desa Jonggon Jaya. 


Lebih lanjut, Sugiono mengatakan bahwa dalam proses pengembangan kawasan pertanian yang telah disiapkan di dua desa tersebut. Ia menerangkan, pihaknya perlu terlebih dahulu mengetahui jenis jahe apa yang dibutuhkan oleh pabrik. Sehingga nantinya tanaman yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pabrik.


"Nah tahun ini kita alokasikan 10 hektar untuk pengembangan, tapi kita juga perlu menghitung dulu, dalam satu hari perlu berapa, jadi satu bulan perlu berapa, apakah cukup dari daerah Jonggon dan sekitarnya. Ini harus kita koordinasikan dulu antara pihak pengelola RPB, dan  petani Jangan sampai ada miskomunikasi, termasuk juga jenis jahe yang dibutuhkan," ucap Sugiono, Kamis (23/3/2023).


Meski telah disiapkan, Sugiono mengaku jika pihaknya belum melakukan penanaman. Sebab, dirinya merasa perlu sinkronisasi terlebih dahulu dengan pihak pengelola RPB.


Hal ini dinilainya penting, mengingat masa panen tanaman jahe bisa dikatakan cukup lama, yaitu memakan waktu 8 - 9 bulan untuk siap dipanen oleh petani. 


Sehingga pihaknya merasa perlu untuk membuat kalkulasi penanaman sehingga siklus panen bisa stabil, sesuai dengan kebutuhan pabrik.


"Artinya jika sudah terkoordinasi, paling tidak kita bisa atur skala prioritasnya jadi tidak terputus. Lahan yang sudah kita siapkan 10 hektar ini, nantinya akan kita jadikan kawasan pengembangan dan percontohan, jadi pusatnya (Pertamina Jahe) ada di Jonggon Jaya dan Margahayu, karna kan berdekatan. Dan lagi memang Jonggon itu bisa dibilang identik dengan jahe," jelasnya.


Selain disekitar Desa Jonggon Jaya, Sugiono juga menerangkan bahwa sejatinya kawasan yang biasa memproduksi jahe di Kukar, juga terdapat di kecamatan lain. Seperti, Muara Badak, Samboja bahkan Sebulu. 


Dengan kehadiran RPB di Desa Jonggon Jaya ini, Sugiono berharap mampu menjaga kestabilan harga jual jahe para petani. Mengingat memang pertanian jahe di Desa Jonggon Jaya pada saat harganya stabil bisa dipastikan akan berkembang dengan sendirinya.


Jika menilik kebelakang, Sugiono menuturkan bahwa, jatuhnya harga jahelah yang mengakibatkan banyak petani jahe berhenti menanam tanaman bio farmaka tersebut. Bahkan tidak jarang petani yang tidak memanen jahenya. Lantaran saat harganya jatuh, biaya panennya jauh lebih mahal dibandingkan harga jual jahe.


"Sekarang kan harga jahe  5000 sampai 6000 rupiah, itu tidak dipanen oleh petani. Karena kalo dipanen mungkin hasilnya tidak cukup untuk biaya panen, padahal kalo dulu waktu harganya bagus, petani di sana (Jonggon) bisa beli motor bahkan mobil dari hasil panen jahe. Kemudian selain harga kami juga berharap lahan pertanian di sana itu tidak di alih fungsikan," pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama