Ketua DPRD Kaltim Hadiri Musrenbang Balikpapan

Balikpapan, Prediksi.co.id- Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud, menghadiri undangan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangungan Daerah (RKPD) Kota Balikpapan Tahun 2024, di Hotel Hrand Tjokro, Balikpapan, Senin (20/3/2023).

Hamas sapaan Hasanuddin Mas’ud mengatakan, partisipasi masyarakat adalah salah satu indikator suksesnya pembangunan. Musrenbang kali ini harus bisa menampung aspirasi masyarakat dari akar rumput.

"saya berharap hal ini menjadi instrumen penting dalam memadukan pola perencanaan pembangunan dari top down dan bottom up secara berjenjang, dimulai tingkat desa, kelurahan sampai dengan tingkat kabupaten dan kota, serta provinsi yang bermuara kepada penyusunan RKPD tahun anggaran berikutnya,” ujar Hamas.

Dirinya melanjutkan, Musrenbang Kota Balikpapan tak terlepas dari penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kaltim sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 52 Tahun 2022.

Adanya perubahan RTRW Kaltim tentu harus sejalan dengan kehadiran Ibu Kota Negara (IKN), sehingga perencanaan juga turut menyesuaikan di pemerintah kabupaten/kota.

“Kota Balikpapan sebagai salah satu daerah yang beririsan langsung dengan IKN, selain Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, tentunya diharapkan mampu untuk mempersiapkan program-program penguatan terhadap kehadiran IKN,” ujarnya.

Terpenting, Hamas berpesan ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan RKPD nanti. Adalah infrastruktur, kedua program kesehatan, dan ketiga program Pendidikan. (Di/Le/ADV/DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama