Samsun Sayangkan Banyak Lahan Pertanian Dialihfungsikan

PRIHATIN: Samsun usai sidang Paripurna, Dirinya prihatin soal alih fungsi lahan (Foto:Fandi/Prediksi)

Samarinda, Prediksi.co.id - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) prihatin banyak lahan yang pertanian di Kaltim yang dialihfungsikan menjadi kawasan industri dan sebagian dijadikan permukiman.

"Lahan pertanian kita semakin menyempit akibat alih fungsi lahan, dari yang semula pertanian, dirubah menjadi permukiman bahkan parahnya lagi tak sedikit dialihkan ke kegiatan pertambangan," ujar Samsun di Samarinda, Minggu(2/4/2023).

Dijelaskannya, Untuk di Kaltim, alih fungsi lahan lebih banyak ke pertambangan. Walaupun sudah punya perda tentang perlindungan lahan pertanian, pihaknya juga sudah punya undang-undang minerba yang mengharamkan menambang di wilayah pertanian.

Ia memantau, selama di dalam itu masih ada batu bara, maka akan terus digali. Lalu kenapa petani membiarkan lahannya ditambang bahkan ditawarkan, sebab jika dihitung hasil lahan pertaniannya sekarang tidak menarik, lebih baik jual kepada perusahaan tambang.

Kemudian, ia menyarankan agar kemudian hasil pertanian menarik, lebih baik dipertahankan untuk menjadikan Kalltim lumbung pangan Kaltim, lebih baik diitanam pohon buah, seperti menanam alpukat setiap tahun berbuah, itu sayang dijual. 

"Nah permasalahannya lahan kita banyak yang tidak produktif, sehingga dialihfungsikan ke tambang, tambang pasti cari untung, yah akhirnya tinggal lubang-lubang begitu tidak produktif lagi. Tapi lahan kita masih luas," pungkas Samsun. (Fdi/Le/ADV/DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama