Tahun Ini Distanak Kukar Akan Bangun 26 Embung

Foto : Kepala Distanak, Sutikno 

Tenggarong, Prediksi.co.id - Sebagai upaya untuk merealisasikan Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai lumbung pangan Kaltim dan IKN, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) berencana akan membangun 26 embung pada tahun 2023 ini. 

Embung tersebut rencananya akan dibangun oleh Distanak Kukar di lima kawasan pertanian yang ada di Kukar. 

Kepala Distanak Kukar, Sutikno mengatakan bahwa, selain berada di 5 kawasan pertanian, 26 embung itu juga akan dibangun di luar kawasan pertanian. Seperti di Anggana, Kota Bangun, dan Samboja.

"Jadi lima kawasan ini memang penting dan prioritas tapi juga diluar kawasan tetap diprioritaskan," ucap Sutikno saat dikonfirmasi, Kamis (13/4/2023).

Sutikno menambahkan, pembangunan infrastruktur pertanian tersebut dilakukan melalui beberapa kegiatan. Seperti jalan usaha tani, jaringan irigasi ini dianggarkan sekitar Rp 27 miliar untuk kegiatan Karya Bhakti, diluar Karya Bhakti juga terdapat pembangunan jalan usaha tani dengan anggaran sekitar Rp 7 miliar. Ditambah lagi pembangunan embung.

"Tapi yang jelas kurang lebih Rp 70 miliar dialokasikan untuk jalan usaha tani, jaringan irigasi, embung, pintu air dan bendungan. Didalamnya juga ada sumbangsih karya bakti dari TNI. Insyaallah apa yg diinginkan Bupati secara bertahap bisa berjalan" pungkasnya.(Ki/Le/Adv).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama