Akibat Rusak Parah, Dinas PU Lakukan Perbaikan Jalan Poros Bilatalang

Foto : perbaikan jalan poros di kawasan Bilatalang, Kecamatan Tabang, Kukar. 

Tenggarong, Prediksi.co.id - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sedang melakukan upaya perbaikan jalan poros sepanjang 3,4 kilometer yang terletak di kawasan Bilatalang, Kecamatan Tabang. Tujuan dari perbaikan jalan poros ini adalah untuk meningkatkan kualitas jalan yang selama ini mengalami kerusakan parah akibat kendaraan besar yang sering melintas.

Menurut Kabid Bina Marga Dinas PU Kukar, Restu Irawan, kerusakan pada jalan poros ini diakibatkan oleh dua faktor, yakni drainase yang kurang baik dan peningkatan volume lalulintas kendaraan, khususnya kendaraan truck sumbu ganda.

“Saat ini baru perkerasan pondasi soil cement. Kerusakan dibeberapa titik pada ruas jalan tersebut diakibatkan saluran drainase yang mengalami kelemahan dan peningkatan volume lalulintas harian dari kendaraan besar (truck sumbu ganda) sekitar 20 unit perminggunya,” ucapnya saat dikonfirmasi Senin (22/5/2023).

Restu mengungkapkan bahwa saat ini Dinas PU Kukar melakukan langkah strategis dalam penanganan kerusakan jalan pada ruas tersebut.

Langkah yang dilakukan yakni seperti pengeringan genangan air, serta melakukan pembersihan jalan yang berlumpur serta dilakukan pemadatan dasar menggunakan batu telford. 

"Selain itu penimbunan agregat kecil (pasir) sebagai pengunci dan dipadatkan, lapis pondasi agregat-B 20 cm, dan pemadatan akhir," pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama