PemDes Batuah Akan Tingkatkan Produksi Buah Lai

Foto : Ilustrasi buah lai produksi Desa Batuah.

Tenggarong, Prediksi.co.id - Pemerintah Desa (PemDes) Batuah rencananya akan mengembangkan potensi dari kebun buah lai di desanya untuk meningkatkan perekonomian warga. 

Buah lai sendiri diketahui merupakan buah sejenis durian yang menjadi khas Kalimantan Timur (Kaltim). Buah ini banyak ditemui di Desa Batuah dan bahkan telah banyak dijual oleh warga di sana setiap kali musim panen tiba. 

Kepala Desa Batuah, Abdul Rasyid mengatakan bahwa untuk memaksimalkan dan meningkatkan produksi buah lai di desanya, Pemdes akan mendata ulang para petani buah lai agar terorganisir dengan baik.

“Saya menginginkan pengembangan perkebunan buah lai di Batuah agar terkoordinasi dengan baik,” ucap Rasyid, Senin (8/5/2023).

Ia mengungkapkan bahwa sampai saat ini sudah tercatat ada 60 petani yang memiliki perkebunan buah lai di Desa Batuah. Potensi tersebut kata Rasyid akan terus dikembangkan mengingat besarnya permintaan pasar terhadap buah lai di Kaltim.

“Buah lai mahakam dari Batuah beberapa kali diekspor ke daerah lain seperti Kutai Timur dan Berau,” ungkapnya.

Rasyid mengaku Pemkab Kukar juga mendukung upaya pengembangan buah lai tersebut, hal tersebut terbukti dengan beberapa sarana dan prasarana seperti perbaikan jalan terus di bantu oleh Pemkab.

“Tujuan Pemkab tidak lain untuk membantu memajukan desa Batuah,” pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama