PemDes Bendang Raya Akan Bangun Objek Wisata Danau Seluas 4 Hektare

Foto : ilustrasi danau di Desa Bendang Raya yang akan dikembangkan menjadi obyek wisata. 

Tenggarong, Prediksi.co.id - Desa Bendang Raya yang berada di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) diketahui memiliki berbagai potensi sumber daya alam pada sektor pariwisatanya yang dinilai mampu mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes). 

Salah satunya yakni danau seluas 4 hektare di Desa Bendang Raya yang menawarkan keindahan dan dinilai mampu memanjakan mata para pengunjung. 

Melihat kondisi itu, Pemerintah Desa (PemDes) Bendang Raya pun berencana akan menggandeng Perusda Kaltim untuk membuka wisata danau seluas empat hektare yang berada di desanya itu. 

Kepala Desa Bendang Raya, Muhammadin mengatakan bahwa pihaknya telah beberapa melakukan gotong royong bersama masyarakat untuk membersihkan danau tersebut untuk dikembangkan menjadi objek wisata baru.

Wisata alam tersebut, kata dia akan ditata dengan baik nantinya. Seperti dengan menyiapkan fasilitas serta sarana dan prasarananya, termasuk juga perahu susur danau untuk para wisatawan.

“Macam-macam nanti akan kita bangun warung-warung. Jadi hasil dari pertanian di sini akan diolah dijadikan makanan untuk dijual ke pengunjung,” ucap Muhammadin saat dikonfirmasi, Selasa (9/5/2023).

Meski demikian, Muhammadin mengaku masih mencari nama yang tepat untuk wisata danau tersebut.

“Nama wisatanya masih dipikirkan. Kami akan rapatkan lagi dengan Perusda Provinsi,” ungkapnya.

Untuk pengelolaannya, Muhammadin menyebutkan nantinya pihaknya akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan cara pembagian hasil.

“Jadi nanti sama-sama menguntungkan, Bumdes berapa, desa, dan masyarakat berapa persen,” pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama