Pemdes Muara Wis Siap Kembangkan Objek Wisata Danau 10 Nusa

Foto : Panorama di Danau 10 Nusa Desa Muara Wis (Instimewa)

Tenggarong, Prediksi.co.id - Pemerintah Desa (PemDes) Muara Wis rencananya akan melakukan pengembangan pada objek wisata danau. Danau yang akan dikembangkan menjadi objek wisata yakni Danau 10 Nusa. 

Danau 10 Nusa sendiri diketahui memiliki keindahan yang beda dari danau lain pada umumnya. Danau tersebut diketahui memiliki 10 pulau kecil di dalamnya yang menjadikan Danau 10 Nusa beda dari wisata danau lainnya. 

Kepala Desa (Kades) Muara Wis, Kasmir mengatakan bahwa selama ini danau tersebut hanya dimanfaatkan oleh warga sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan untuk menangkap ikan.

Akan tetapi, karena melihat potensi keindahan yang ada di Danau 10 Nusa itu, pihak PemDes pun berencana untuk mengembangkannya menjadi objek wisata baru di Desa Muara Wis. 

"Ini akan kita kembangkan nanati, karena menurut kami potensial sekali jadi objek wisata. Keberadaan banyak Nusa di sebuah danau itu kan menjadi potensi tersendiri," ucap Kasmir saat dikonfirmasi, Senin (8/5/2023).

Ia menyebutkan bahwa Danau 10 Nusa menawarkan keindahan danau yang tenang, sehingga cocok untuk para wisatawan yang ingin melepas penat. Selain itu, wisatawan juga dapat menyaksikan matahari terbit dan tenggelam dari atas pulau di Danau 10 Nusa. 

Rencananya, pihak PemDes juga dikatakannya akan membangun camping ground, area pemancingan, hingga penginapan di kawasan Danau 10 Nusa untuk menarik minat wisatawan. 

"Sekarang ini kan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa kami sudah terbentuk, ini mau ada sosialisasi juga dari Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi, nanti kita coba diskusikan lagi lebih jauh bagusnya seperti apa. Kalo rencana kami sih mau kami buat camping ground, Home Stay, Perkebunan dan spot-spot pemancingan. Karena kan ini pulaunya berbeda-beda," ungkapnya.

Meski baru sebatas wacana, Kasmir sangat optimis potensi wisata di desa nya itu dapat di kembangkan. Mengingat banyaknya pulau-pulau tersebut yang dapat menawarkan sensasi berbeda di tiap pulaunya jika di kembangkan nantinya. 

"Sebenarnya sekarang aja ada aja yang berkunjung satu atau dua orang, baik untuk mancing atau sekedar camping," sebut Kasmir.

"Harapan kita tidak lain adalah, agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di sini. Terutama lewat transportasi, karena kan perlu perahu untuk menuju danau itu. Semoga ini bisa kita realisasikan," pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama