Penyebarluasan Perda Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, Samsun Sekaligus Jaring Aspirasi

Kutai Kartanegara, Prediksi co.id- Berpindahnya lahan pertanian menjadi lahan tambang yang banyak terjadi, membuat pemerintah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan adanya peraturan daerah Nomor 1 Tahun 2013, tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. 

Untuk itu, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun di Desa Bukit Raya, Samboja, Kukar Sabtu (12/8/2023) melakukan kegiatan Penyebarluasan Peraturan Daerah Ke-10, No 13, Tahun 2016 tentang perubahan atas peraturan Provinsi Kaltim, Nomor 1 Tahun 2013, tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan atau yang lebih di kenal dengan Sosper. Hal ini juga banyak menjaring aspirasi atau keresahan masyarakat. 

"Dimanapun kita berada, dalam kegiatan apapun, ini kesempatan saya, juga masyarakat dalam menyampaikan keluhan/aspirasi terkait daerahnya, seperti hari ini, telah disampaikan pembangunan memiliki progress yang sangat baik, namun segi kualitas harus menjadi perhatian," ungkapnya.

Untuk itu, dirinya langsung berkoordinasi dengan pihak terkait, melihat kondisi real di lapangan, namun di luar itu semua, banyak masyarakat mendapat manfaat dari pembangunan dan mengucapkan terimakasih.

Dalam kegiatan ini, Samsun juga memastikan pembagian bantuan berupa pupuk sampai ke penerima manfaat, yakni para petani. 

"Ada 10 ton pupuk yang telah dibagikan, ini juga menjawab keresahan petani di daerah ini," terangnya.

Dikesempatan yang sama, Muhammad Amin, Kepala Desa Tani Bhakti, menuturkan berterima kasih atas sosialisasi dan penyebar luasan ini, karena hal ini penting, mengingat sebagian besar masyarakat Tani Bhakti berprofesi sebagai petani. 

"Terimakasih untuk Wakil Ketua DPRD Kaltim yang telah mengadakan sosialisasi ini, saya pun jadi tahu, masyarakat pun mengerti dan paham bagaimana perda ini melindungi petani,"pungkasnya. 

Samsun juga menghadirkan narasumber dari akademi Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, sekaligus tim percepatan Bupati Kutai Kartanegara dalam bidang pertanian, Dr Achmad Zaini. Dalam kegiatan ini banyak mengupas tentang tantangan yang ada di sektor pertanian di Kaltim. (Di/Le)




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama