Bedah Rumah di Loa Janan, Program Polri bersinergi Jadi Contoh

FOTO: Anggota Polri sedang membantu proses Bedah Rumah di Loa Janan (Ist)

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Sinergi Polri, TNI dan Pemdes Loa Janan, Kutai Kartanegara bisa menjadi contoh untuk daerah lain, kegiatan bedah rumah salah seorang warga merupakan pelaksanaan program cooling system dilaksanakan Polri, dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) senantiasa kondusif.

Sebuah rumah terletak di RT 31 Dusun Tegal Anyar, Desa Loa Janan Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), yang tak layak, diubah menjadi lebih baik.

Bangunan berbahan kayu itu dulu dibangun Husin. Baru diwariskan kepada sang cucu, Dapit Irawan. Dengan usia bangunan mencapai 30-an tahun. Kondisinya sudah bisa ditebak, lapuk dimakan usia.

“Sekarang sudah lebih baik. Jauh lebih segar dari beberapa hari lalu. Apalagi jika nanti sudah selesai direhab. Pasti lebih cantik lagi,” ujar Kepala Desa (Kades) Loa Janan Ulu, Supariyo, Jumat (13/10/2023).

Hal itu diungkapkannya ketika meninjau rehab rumah warganya oleh tukang bersama beberapa anggota Polsek Loa Janan, termasuk Aipda Suwarno yang menjadi Bhabinkamtibmas desa tersebut.

Pekerjaan bedah rumah Dapit Irawan itu dilaksanakan sejak Senin (9/10), ditargetkan selesai pada hari ini Jumat (13/10).

Kegiatan bedah rumah tersebut, diharapkan semakin terjalin kedekatan petugas POLRI maupun TNI, dengan warga.

Permasalahan apa pun, terutama berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas. Bisa terdeteksi sedini mungkin, dengan peran aktif masyarakat dalam menyampaikan informasi ke petugas.

“Tentu saja kami menerima dengan tangan terbuka. Atas bantuan berupa bedah rumah kepada warga kami. Apalagi rumah ini, sebelum diperbaiki tadi, kondisinya terbilang tidak layak huni,” kata Pariyo-sapaan akrab Kades Loa Janan Ulu tersebut.

“Karena usia bangunan sudah tua, puluhan tahun, jadi lantai maupun dindingnya sudah banyak lapuk. Dalam waktu dekat juga ada bantuan untuk sanitasi rumah ini. Kan sekarang WC dan kamar mandinya berada di luar rumah,” sambungnya. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama