Dewi Belai, Objek Wisata Buah Elai yang Unik di Batuah


PESTA ELAI: Momen pesta ELAI beberapa waktu lalu (Foto: Ist)

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id– Wisata tak selalu tempat indah nan memulai, bukan juga hamparan pantai dengan pasir putih ala Bali yang terkenal itu. Kuliner khas yang dikemas unik, malah bisa menjadi ikon pariwisata yang menyedot animo masyarakat.

Salah satunya ada di Desa Batuah, Kutai Kartanegara, bernama Desa Wisata Benua Elai, yang tenar dengan sebutan Dewi Belai.

Kepala Desa Batuah, Abdul Rasyid menuturkan konsep wisata buah durian jenis elai diharapkan mampu menjadi kunikan Desa Batuah. Sebab, varian Elai di desa ini juga sudah cukup beragam.

“Desa Batuah punya keunggulan di jenis durian ini. Kalau di daerah lain, mereka sudah mengembangkan varietas durian lain, kita unggul di jenis elai,” terangnya.

Elai sudah cukup terkenal di Kalimantan Timur. Durian jenis ini memiliki keunggulan dari sisi tekstur,  tidak basah, cita rasa dan aroma yang tidak menyengat dibanding jenis durian lain.

Elai bisa jadi alternatif bagi mereka yang ingin makan durian tapi tidak suka bau menyengatnya. “Dan elai tumbuh subur dan tersebar di Desa Batuah,” kata Abdul Rasyid.

Ia berharap, Pemkab Kukar dapat memberikan dukungan penuh dalam pengembangan objek wisata ini, termasuk promosi, pembangunan infrastruktur, dan yang paling penting dalam studi pengembangan.

Saat ini, Pemerintah Desa Batuah sedang berupaya keras membangun infrastruktur menuju lokasi Dewi Belai. Termasuk akses jalan melalui kilometer 30 Jalan Poros Samarinda-Balikpapan. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama