Kenalkan Batik Kuini Bepira, Motif Khas Kutai


MOTIF ANYAR: Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) Kukar, Thaufiq Zulfian Noor kenalkan motif khas baru (Foto: Oz/DMG)

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Identitas suatu daerah bisa dengan apa saja, namun lazimnya adalah keunikan di pakaian, contoh saja batiknya, nuansa dan pola khas menjadi suatu nilai tersendiri, seperti batik tulis dengan motif Kuini Bepira menjadi salah satu jenis batik yang menggabungkan teknik batik cap dan batik tulis, motifnya terinspirasi dari buah kuini dan bunga bepira. 

Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) Kukar, Thaufiq Zulfian Noor mengatakan buah kuini dan bunga bepira menjadi motif batik cap tulis.

"Batik cap tulis motif kuini bepira ini memiliki warna dan desain yang menarik, sesuai dengan karakteristik buah khas Kutai Kartanegara (Kukar). Batik ini dibuat secara manual, bukan menggunakan mesin printing, sehingga membutuhkan waktu sekitar tiga Minggu untuk 100 pcs," ucapnya Jumat, (13/10/2023).

Batik cap tulis motif kuini bepira dibuat dengan menggunakan canting cap, yaitu alat cetak atau stempel yang terbuat dari tembaga yang memiliki motif batik yang diinginkan. Canting cap ini digunakan untuk mencetak motif batik pada seluruh permukaan kain dengan menggunakan malam atau lilin sebagai tintanya.

Lanjut Thaufiq, ia bersama timnya akan mengembangkan desain-desain baru dengan motif kuini bepira. Saat ini, sejumlah desain sudah dipersiapkan dan siap disosialisasikan kepada masyarakat.

"Kita akan lakukan pengembangan cuman tetap dengan motif kuini bepira," tuturnya (Oz/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama