Optimalkan 1 Perawat dan Bidan Per Desa, Pemkab Kukar Buka Seleksi Nakes

Foto: Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto (Ist).

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Dengan luasnya wilayah yang dimiliki Kutai Kartanegara, tentu banyak dibutuhkan SDM yang terlatih, khusus tenaga kesehatan (Nakes). Hal ini menjadi perhatian Pemkab Kukar. Untuk itu, dalam waktu dekat ini, Pemkab Kukar akan mengadakan seleksi Nakes khusus untuk desa-desa yang memerlukan.

Seperti yang dikemukakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto. Seleksi sendiri akan dilakukan khusus perawat dan bidan. Dan nantinya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes). Pengangkatannya ini adalah upaya pemerintah mengoptimalkan program satu perawat dan bidan di setiap desa.

“Proses seleksinya dilakukan langsung oleh Dinkes Kukar di APBD-P ini secara serentak,” ungkap Arianto, Jumat (13/10).

Arianto mengaku keberadaan nakes di desa-desa Kukar saat ini masih bolong-bolong. Di beberapa desa memiliki bidan namun tidak memiliki perawat, dan sebaliknya di desa-desa lainnya. Untuk itu, Arianto mendorong warga lokal desa tersebut. Yang merupakan lulusan tenaga kesehatan untuk mengikuti seleksi ini. Sehingga nanti akan ditempatkan di desa tersebut untuk mengabdi dan melayani warga mereka sendiri.

“Ini akan kita mulai di perubahan. Dan Insya Allah tiga hingga empat bulan akan kita berikan insentif mereka melalui program bantuan keuangan desa,” terangnya. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama