Pemkab Terus Sosialisasikan KID, 19.736 Warga Kukar Telah Aktifasi


SEMAKIN MENINGKAT: Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara, Muhamad Iryanto (Foto: DMG)

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Teknologi yang semakin berkembang dan memudahkan dalam mengaksesnya, Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau lebih dikenal dengan  e-KTP berbentuk digital terus diproses dan disosialisasikan  ke masyarakat Kukar.

KID, berisikan informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan Dokumen Kependudukan secara digital melalui gawai (smartphone) .

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara, Muhamad Iryanto menjelaskan jika hingga saat ini tercatat 19.736 warga kukar telah melakukan aktifasi IKD.

Di Kukar sendiri, kepemilikan KID masih di bawah 10 persen. Kendati demikian pihaknya terus berupaya dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas melalui pemerintah terbawah tingkat Kecamatan hingga desa/kelurahan.

"Warga yang usia wajib memiliki KTP 544,818 ribu, namun peningkatan angka aktivasi saat  ini kian meningkat," ujar Iryanto saat dijumpai diruang. Selasa, (3/10/2023).

Berbagai tantangan dihadapi terkait aktivasi IKD, salah satunya ialah sulitnya warga untuk melakukan scan Quick Response (QR) Code yang hanya bisa dilakukan di Kecamatan atau di Disdukcapil.

"Jadi, setelah memiliki aplikasi IKD warga harus datang ke kantor camat atau Disdukcapil guna melakukan scan QR," pungkasnya. (Di/Le/Adv).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama