Salehuddin mendorong Perusahaan Asing memberikan kebijakan prioritas tenaga kerja lokal

 


Samarinda, Prediksi.co.id – Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Salehuddin meminta Pemprov Kaltim untuk segera membuat regulasi khusus yang mewajibkan perusahaan yang beroperasi di Kaltim  mengutamakan tenaga kerja lokal dalam merekrut tenaga kerja.


Menurutnya, banyaknya investasi asing di Kaltim menunjukkan bahwa daerah tersebut memiliki potensi yang besar, namun juga harus diimbangi dengan pemberdayaan SDM lokal agar mendapatkan tempat.

 

Ia tidak ingin ada perusahaan yang hanya mengambil keuntungan dari Sumber Daya Alam (SDA) Kaltim tanpa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat setempat.

 

"Jangan sampai ada istilah kacang lupa kulit, yang hanya ingin mengeksploitasi SDA tapi tidak peduli dengan pengembangan SDM lokal," ujarnya, baru-baru ini.

 

Selain itu, Salehuddin juga berharap perusahaan-perusahaan asing dapat berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Kaltim, baik melalui anggaran pemerintah maupun melalui program CSR (Corporate Social Responsibility). Ia menekankan pentingnya pengawasan yang ketat dari pihak berwenang untuk memastikan pelaksanaan program-program tersebut.


Lebih lanjut, Salehuddin mendorong seluruh perusahaan bahkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk dapat memberikan kebijakan tentang prioritas penerimaan tenaga kerja lokal.

Kebijakan tersebut juga perlu diimbangi dengan program pelatihan sebagai upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) warga lokal.(Wo/Le/Adv DPRD Kaltim).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama