Buat Sentra UMKM, Tampung Produk Khas Desa-desa di Wilayah Kecamatan Tenggarong Seberang

Foto: Salah satu pengrajin yang produknya memiliki kekhasan, sehingga memiliki nilai tinggi.

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi penopang ekonomi yang terbukti kokoh, terbukti saat pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu yang menghantam, UMKM menjadi penyelamat ekonomi saat itu.

Untuk itulah, kecamatan Tenggarong Seberang terus mengembangkan sektor UMKM, dan menjadi salah satu program yang mendapat perhatian dengan menjadikan satu lokasi yang rencananya dibuat sebagai pusat/sentral UMKM. Mengingat di kecamatan Tenggarong Seberang banyak pengrajin dan penjual yang ingin memasarkan produknya, seperti suvenir, makanan dan aneka produk lainnya.

"Melalui pusat/sentral UMKM ini, orang-orang bisa membeli produk dalam satu tempat saja. tidak harus datang ke desa-desa yang menjual produknya."ungkapnya.

Produk yang dijual merupakan produk unggulan atau khas masing-masing desa ada di satu tempat.

Setiap desa nantinya akan difasilitasi dengan sebuah gerai dalam memasarkan produknya. Sehingga produk unggulan dan khas masing-masing desa bisa semakin dikenal melalui pusat/sentral UMKM ini.

"Selain itu, dalam pusat/sentral UMKM ini juga akan dibangun klinik UMKM. Fungsinya adalah untuk memfasilitasi para UMKM dalam mengurus sejumlah perizinan," tambahnya.

"Memang belum bisa tahun ini dilaksanakan, jadi ada kemungkinan ini tahun depan baru bisa. Intinya kita akan coba terus memfasilitasi dan mendorong UMKM di Kecamatan Tenggarong Seberang agar lebih maju dan berkembang," pungkasnya

Melalui klinik UMKM, para pelaku usaha dapat mengurus perizinan yang belum ada atau lengkap. Mulai dari Surat Izin Berusaha (SIB), BPOM hingga sertifikat halal dan izin yang diperlukan lainnya. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama