DPRD Kaltim Soal Pemilu 2024, Mudahkan Penyandang Disabilitas dan Masyarakat Sakit Agar Tetap Mencoblos

Foto: Anggota DPRD Provinsi Kaltim Jahidin.

Samarinda, Prediksi.co.id- Pemilu 2024 sangat terasa, pengambilan nomor urut salah satu yang ter-upadte. Ada satu hal yang menarik perhatian dari Parlemen Karang Paci --sebutan DPRD Kaltim --.

Yakni, kenyamanan dan kemudahaan mengakses Tempat Pemungutan Suara (TPS), perlu mendapat perlakuan khusus yakni penyandang disabilitas dan masyarakat yang sedang sakit.

Anggota Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin menuturkan agar KPU bisa memberikan ruang yang ramah dan nyaman bagi seluruh masyarakat yang akan menggunakan hak pilih mereka.

"Khususnya bagi penyandang disabilitas, ataupun masyarakat yang sedang dalam kondisi sakit," kata Jahidin.

Menurut Jahidin, KPU harus memikirkan akses yang mudah untuk para penyandang disabilitas dalam menggunakan hak pilih mereka. Sehingga nantinya TPS yang ada harus benar-benar ramah dan tidak menyulitkan masyarakat yang membutuhkan perlakuan khusus.

"Menggunakan hak pilih mereka itu hak seluruh masyarakat. Tanpa terkecuali, jadi jangan sampai fasilitas yang sudah disiapkan tidak ramah dan justru menyulitkan mereka," tegas dia.

Jahidin juga menilai, menjamin kemudahan akses bagi penyandang disabilitas dan masyarakat yang sedang dalam kondisi sakit adalah salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih. Ia mengingatkan, jangan sampai penyelenggaraan pemilu bersikap tidak inklusif.

"Salah satunya memberikan jaminan penyandang disabilitas dan masyarakat yang sakit tetap bisa menggunakan hak pilih mereka," pungkasnya. (Di/Le/Adv DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama