Penyediaan Armada Baru DLHK Kukar untuk Penanganan Sampah di Kecamatan

Foto : Armada pengangkut sampah yang berada di Kantor DLHK Kukar

Tenggarong, Prediksi.co.id- Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kutai Kartanegara (Kukar) kembali mengalokasikan anggaran untuk memperkuat armada pengangkut sampah. Tahun 2024 ini, anggaran tersebut disiapkan khusus bagi kecamatan-kecamatan yang masih kekurangan truk pengangkut sampah.

Irawan, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLHK Kukar, menjelaskan bahwa pada 2022, Pemkab Kukar telah menyalurkan 13 unit kendaraan pengangkut sampah di beberapa kecamatan.

“Tahun ini, kita akan menambah beberapa unit untuk mendukung alat angkut di beberapa kecamatan,” ujar Irawan.

Lebih lanjut, Irawan menyatakan bahwa pemerintah daerah telah menargetkan penyebaran armada pengangkut sampah ini di 20 kecamatan, memungkinkan penanganan langsung permasalahan sampah oleh masing-masing kecamatan.

“Bupati ingin masalah sampah terselesaikan di tingkat kecamatan karena mereka lebih mengenal wilayahnya,” tambahnya.

Pada APBD Perubahan tahun 2023, DLHK Kukar juga telah mengadakan pengadaan kendaraan pengangkut, pembersih, dan penyedot sampah, termasuk 5 unit dump truck, 4 unit Amroll, 5 unit kendaraan Compactor, dan 1 unit kendaraan Road Sweeper.

Namun, sebagian kendaraan tersebut ditempatkan di wilayah Kecamatan Tenggarong, seperti mobil penyapu jalan atau Road Sweeper yang digunakan di jalur protokol.

“Kita hanya menggunakan Road Sweeper pada kondisi tertentu, bukan setiap hari,” tutupnya. (Adv Diskominfo Kukar/Ki/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama