Sosbang Samsun, Ingatkan Kokohkan Persatuan Jelang Pilkada


Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Pemilihan legislatif dan pemilihan presiden beserta wakil telah kita lalui bersama. Sebentar lagi kita juga akan menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada), tentu hal ini perlu penguatan, agar persatuan dan kesatuan semakin kuat dan kokoh, apalagi Indonesia memegang teguh prinsip Bhineka Tunggal Ika. 

Hal ini, disampaikan Wakil Ketua I DPRD Kaltim Muhammad Samsun, saat menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan, di Ambarawang Laut, Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (2/3/2024).

"Perbedaan pilihan memang wajar terjadi, tapi ingat, kita memiliki prinsip yang tidak dimiliki bangsa lain, untuk itulah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini terus kita lakukan, agar masyarakat memahami dan menyadari, begitu kuatnya prinsip-prinsip hidup berbangsa yang dijelaskan dalam 4 pilar kebangsaan," ungkap Samsun. 

4 pilar kebangsaan yang dimaksud adalah, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Dalam penyampaiannya Samsun memberikan pandangan mengenai nilai dari pilar-pilar tersebut. 

Tak hanya itu, Bendahara DPD PDI Kaltim ini juga memboyong, Kepala Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti, untuk menerangkan secara rinci penerapan dan tantangan 4 pilar kebangsaan di masyarakat. 

Rinda menuturkan, terjadi penurunan terhadap nilai kebangsaan di masyarakat, kemajemukan yang ada sangat bisa disusupi paham-paham radikal. Ini yang harus dibendung bersama. Karena tidak bisa memaksakan sebuah prinsip yang bertentangan dengan 4 pilar kebangsaan yang Indonesia miliki. 

Berkaitan dengan pilleg dan pilpres yang telah kita lewati bersama, Rinda berpesan agar masyarakat, benar-benar memiliki pemimpin yang bisa bekerja, bisa membangun daerah. Jangan sampai memilih pemimpin karena diberi uang. 

"Pilih pemimpin yang tulus membangun masyarakatnya, membangun daerahnya, bukan karena dapat sesuatu. Tapi suara kita tergadai lima tahun ke depan," ungkapnya. (Adv/di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama