Kecamatan Muara Kaman Siap Terdepan Di Sektor Pertanian

 


Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Kutai Kartanegara dengan kekayaan alamnya, telah diplot menjadi kawasan pertanian terintegrasi. Kecamatan Muara Kaman siap menjadi pendobrak, terkhusus bagi Desa Cipari Makmur.


Camat Muara Kaman, Barliang, menjadikan Desa Cipari Makmur sebagai percontohan dalam program ini. Persiapan terus dilakukan, mulai dari pengelolaan lahan hingga peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para petani.


“Desa Cipari Makmur memiliki potensi besar untuk menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kukar, sinergi antara pihak kecamatan dan Pemkab Kukar, diiringi dukungan program Bupati, menjadi kunci sukses langkah ini. Lebih dari sekadar menanam padi, proyek ini mengintegrasikan berbagai sektor.” Ungkapnya.


Tak hanya fokus di pertanian saja, kandang ayam, bebek, kolam ikan, dan kandang sapi berkualitas telah disiapkan untuk mendukung sistem pertanian yang berkelanjutan.


Barliang optimis, Muara Kaman tidak hanya menjadi lumbung pangan, tetapi juga destinasi wisata edukasi tentang pertanian.


Tak berhenti di Kecamatan Muara Kaman. Pemkab Kukar telah menetapkan lima kecamatan lain sebagai kawasan pertanian terintegrasi, Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Kulu, Sebulu, dan Marangkayu.


“Langkah strategis ini diharapkan mampu membawa dampak berkelanjutan bagi pengembangan sektor pertanian di Kukar, mengantarkan wilayah ini menuju masa depan yang sejahtera dan berlimpah pangan.”ungkapnya. (Adv Diskominfo/Di/Le).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama