PAD 2023 Meningkat, DPRD Apresiasi Capaian Pemkot Samarinda



Samarinda, Prediksi.co.id- Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dipandang sebagai langkah positif dalam pembangunan kota dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Berbagai program dan kegiatan yang digalakkan oleh Pemerintah Kota Samarinda dinilai efektif dalam mengoptimalkan potensi ekonomi daerah, sehingga membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.


DPRD Kota Samarinda memberikan apresiasi Pemerintah Kota Samarinda telah berhasil merealisasikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp858,259 miliar atau 113,91 persen dari target Rp753.422 miliar, dengan rincian, realisasi pajak daerah  115,56 persen dan retribusi daerah lainnya 119,38 persen.


“Terimaksih kepada Bapenda Kota Samarinda selaku koordinator pendapatan, OPD teknis pemungut dan pihak-pihak yang memberikan dukungan terhadap capaian ini," ungkapnya Hemli.


Selain capaian, juga harus difokuskan untuk retribusi parkir yang berada ditepi jalan umum, retribusi perizinan tertentu, retribusi PBG (Persetujuan Bangunan Gedung)  (PBG) dan retribusi TMB (Tempat Minuman Beralkohol) dan lainnya.




Hak ini mengemuka saat Paripurna Internal yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Samarinda, H Helmi Abdullah,  Rabu (15/5/2024), setelah menerima Laporan Akhir Pansus LKPJ Wali Kota Samarinda Tahun 2023.


Meski realisasi PAD melampaui target, DPRD Kota Samarinda merekomendasikan ke depan, Pemkot Samarinda untuk lebih meningkatkan pengawasan agar tidak terjadi kebocoran.


“Kami pun menyampaikan terimakasih kepada Bapenda/UPTD Bapenda yang telah melakukan pendataan/ pemutahiran data pajak di lapangan yang termasuk dalam wilayah kerja UPTD terutama pajak Restauran (RumahMakan), Pajak Bumi Bangunan dalam upaya intensifikasi untuk meningkatkan pendapatan,” paparnya.


Peningkatan pendapatan pada Pajak Bumi Bangunan (PBB), kata dia lagi, tidak hanya menaikan tarif nilai NJOP, namun jangan sampai ujungnya memberatkan masyarakat. Maka dari uraian tersebut DPRD Kota Samarinda merekomendasikan agar Pendataan perlu dilakukan ditingkatkan lagi dan sosialisasi semakin gencar dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk aktif membayar pajak. (Adv/Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama