Pasar Baqa, Tantangan dan Harapan Pengaturan Pedagang

 Pasar Baqa, yang terletak di Jalan Sultan Hasanuddin, Kecamatan Samarinda Seberang, kini kembali beroperasi setelah diresmikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda beberapa waktu lalu. Meski bangunan pasar telah siap digunakan, namun masih banyak pedagang yang memilih berjualan di luar area pasar, menyebabkan kemacetan lalu lintas yang cukup signifikan.


"Masih ada yang jualan di pinggir jalan dan ini percuma. Pasar sudah ada, harusnya pedagang masuk ke dalam semua," ungkap Anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda, Jasno, dengan penuh harapan agar perubahan ini segera terwujud.


Dalam pernyataannya, Jasno menekankan pentingnya ketertiban dan kenyamanan bagi pengunjung dan meminta Pemkot Samarinda untuk menertibkan para pedagang yang masih beroperasi di luar area pasar. Ia berargumen bahwa dengan mengharuskan semua pedagang masuk ke dalam area pasar, bukan hanya akan menciptakan suasana yang lebih teratur, tetapi juga mampu mengurangi kemacetan yang kerap terjadi.



Samarinda, Prediksi.co.id–"Kita berharap tidak ada yang jualan di pinggir jalan satu pun tanpa terkecuali agar orang yang belanja masuk ke dalam pasar. Dengan masuknya penjual ke Pasar Baqa akan mengurangi kemacetan yang ada di sana," jelas Jasno.


Pandangan Jasno juga menggarisbawahi pentingnya rasa keadilan bagi para pedagang yang telah menempati lapak di dalam pasar. Para pedagang di dalam pasar tentunya telah berinvestasi baik dari aspek finansial maupun tenaga untuk menempati tempat jualan resmi yang disediakan oleh Pemkot.


"Kalau sudah bisa difungsikan tentu yang jualan di pinggir jalan harus dibersihkan. Harus masuk ke dalam semua. Sehingga tidak ada kecemburuan," pungkasnya.


Dengan penertiban yang diharapkan segera dilakukan oleh Pemkot, diharapkan Pasar Baqa dapat menjadi pusat perbelanjaan yang nyaman dan tertib untuk warga Samarinda, sekaligus menjadi solusi untuk mengurai kemacetan dan menciptakan rasa keadilan bagi seluruh pedagang. Kita semua menanti langkah nyata yang akan diambil guna menghadirkan suasana pasar yang lebih tertib dan terorganisir.(Adv/Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama