Joha Fajal Minta Satpol PP Samarinda Perlu Belajar dari Kinerja Satpol PP Bandung

Samarinda, Prediksi.co.id- Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Joha Fajal meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda untuk belajar dan meniru kota-kota besar dalam hal pembinaan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).


Joha menjelaskan bahwa pada saat kunjungannya di Kota Bandung dalam tugas dinasnya sebagai Ketua Komisi I DPRD Samarinda, ia melihat di setiap kegiatan tak sekalipun Satpol PP absen untuk menertibkan masyarakat.


Bahkan di akhir pekan, di mana seharusnya pegawai di instansi pemerintahan menikmati hari libur. Tetapi tidak begitu dengan Satpol PP di Kota Bandung yang dengan sigap membantu menertibkan wilayah sekitar.


"Saya baru saja kunjungan ke Bandung, di sana setiap ada kegiatan saya justru bingung karena Satpol PP selalu ada dan tidak pernah saya lihat Sabtu, Minggu kosong," jelas Joha.


Saking penasarannya, politisi Partai Nasdem ini bertanya pangsung kepada Satpol PP yang tengah bertugas saat itu. Mendapati jawaban yang memuaskan, Joha dibuat kagum akan kesigapan mereka.


Dalam kunjungan itu, Joha melihat bahwa Satpol PP ikut mengatur jalannya kegiatan hiburan yang disediakan di Bandung guna membuat situasi aman dan terkendali selama acara berlangsung.


"Saya tanya ke mereka di lapangan pada saat saya ada di tempat kunjungan wisatawan itu benar-benar dikelilingi Satpol PP tempat hiburan di sana diatur Satpol PP," ungkapnya.


Berdasarkan pandangannya tersebut, ia yakin benar bahwa Satpol PP di Bandung telah mendapatkan peraturan daerah yang mengatur keterlibatan mereka dalam sebuah kegiatan senacam itu.


Oleh karenanya, Joha meminta kepada Pemkot Samarinda, khususnya Satpol PP bisa belajar dan meniru hal positif dari gambaran yang ia berikan. 


Harapannya, kehadiran Satpol PP di tengah-tengah masyarakat tidak hanya terlihat seperti aparat penggusur saja, tetapi juga sebagai penegak keamanan di masyarakat.


"Berarti kan mereka sudah ada perdanya, kita banyak perlu belajar dengan daerah sudah maju," kata Joha.


Terakhir, dengan hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN), Joha mengingatkan semua pihak untuk bersiap baik itu dalam hal kematangan sumber daya manusia maupun pengamanan yang menjadi tugas Satpol PP.


"Kita hrus persiapkan diri karena IKN sudah ada, dan kita sebagai kota peyangga nantinya harus siap, jika tidak disiapkan dari sekarang akan kewalahan," pungkasnya.(Adv/Em/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama