Markaca Soroti Kurangnya LPJU di Jalan Ringroad

 


Samarinda, Prediksi.co.id- Persolan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Kota Tepian terus disoroti legislatif. Pasalnya hal tersebut dinilai dapat membahayakan warga setempat. 


Anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda, Markaca  mengatakan kurangnya LPJU dapat berpotensi meningkatkan angka kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas, terutama saat malam hari.


“Kalau jalannya ada yang rusak dan ditambah lampu penerangannya tidak ada, bisa saja terjadi kecelakaan karena minimnya penerangan,” kata Markaca.


Kekhawatiran Markaca semakin diperkuat dengan kondisi jalan di beberapa titik yang masih dalam keadaan rusak, seperti Jalan di kawasan Ringroad, Kecamatan Sungai Kunjang dan Kecamatan Loa Janan Ilir yang sebagian masuk ranah provinsi dan nasional.


Politikus Partai Gerindra ini pun mengaku berencana memanggil Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda untuk membahas permasalahan LPJU tersebut.


Markaca juga mendorong koordinasi antara Dishub Samarinda, Dishub Kalimantan Timur (Kaltim), dan Kementerian Perhubungan mengingat penanganan LPJU di Samarinda terbagi menjadi tiga kewenangan.


“Masih ada beberapa kecamatan kita yang belum diterangi LPJU. Jadi saya rasa ini sangat perlu dan koordinasi harus segera dilakukan. Kami akan memanggil Dishub Samarinda untuk membahas terkait hal tersebut serta membahas beberapa titik yang belum terang,” jelasnya.


Ia juga meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Samarinda untuk berkoordinasi terkait dengan infrastruktur jalan. Sebab, perbaikan jalan dan penambahan LPJU merupakan dua hal yang saling berkaitan dan perlu diprioritaskan.


“Minimal mereka lihat itu jalan berlubang dengan jelas,” tutupnya. (Adv/Em/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama