Penduduk Samarinda Meningkat, Produksi Sampah Pun Bertambah

Samarinda, Prediksi.co.id- Penduduk di Kota Samarinda meningkatkan pada Tahun 2023. Hal itu berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis jumlah penduduk Kota Tepian.


Adapun peningkatan penduduk menjadi indikasi juga meningkatnya produksi sampah yang ada di Kota Samarinda saat ini. Pasalnya yang terjadi bahwa produksi sampah Samarinda juga semakin meningkat.


Menanggapi hal itu, Anggota Komisi III DPRD Kota Samarindan Anhar merasa dengan adanya peningkatan jumlah penduduk, masyarakat Samarinda haruslah lebih memperhatikan perilakunya dengan lingkungan sekitar. 


"Sekarang jumlah penduduk kita berapa. Menurut saya saat ini kan orang-orang ada pergeseran pola hidup yang tadinya mungkin aktifitasnya banyak di rumah bergeser menjadi banyak di ml-mal," ujarnya.


Anhar juga ingin memastikan, produksi sampah saat ini berasal dari mana saja. Karena menurut dirinya, persoalan sampah itu akan bisa diatasi ketika kita mengetahui asal dari sampah tersebut darimana saja. Sehingga diperlukannya pendataan terkait produksi sampah.


"Produksi sampah ini dari mana, dari mall berapa persen, warung berapa persen, kan klasifikasi pemisahan sampah itu kan ada. Kemudian dari rumah tangga juga berapa gitu," ucapnya.


Lebih lanjut, Anhar menilai perlunya terobosan - terobosan yang baru terkait penanganan sampah yang terjadi. Agar penanganan sampah tersebut menjadi lebih mudah, begitupun juga perlunya peningkatan kesadaran masyarakat hingga saat ini.


"Mudah kok sebenarnya harus ada terobosan - terobosan baru yang diberikan, supaya penanganan sampah ini ada lagi, jadi perilaku kita dan mindset kan bagaimana cara kita berpikir untuk mengelola sampah ini dengan baik," pungkasnya. (Adv/Em/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama