Satpol PP Usulkan Raperda Trantibum, Ini Respon Laila Fatihah

Samarinda, Prediksi.co.id-Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Samarinda Laila Fatihah menyebutkan bahwa Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tengah semangat dalam bertugas namun kesulitan akibat kurangnya sumber daya manusia (SDM). 


"Mereka ini lagi semangat-semangatnya loh tapi dari sisi SDM-nya saja mereka ini kekurangan," katanya belum lama ini. 


Sehingga Pemkot Samarinda dalam hal ini Satpol PP mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat (Raperda Trantibum) sebagai salah satu dari semangat pihaknya untuk menjalankan tugasnya. 


Hanya saja yang menjadi persoalan ialah kurangnya personil membuatnya tidak bisa berbuat banyak. Hal tersebut pun menjadi kebingungan, sebab seharusnya pihak Satpol PP lebih mengutamakan pemenuhan SDM terlebih dahulu sebelum mengusulkan Raperda Trantibum. 


"Kami bukannya tidak setuju tapi implementasinya jadi tidak optimal. Jadinya perda yang ada nantinya jadi mandul. Mereka ngeluh kekurangan personil tapi terlalu semangat memberikan pasal-pasal, nanti tidak terimplementasi juga," terangnya.


Dengan demikian, ia meminta agar Satpol PP berfokus akan pemenuhan yang lebih mereka butuhkan sebelum menjalankan beban tugas baru lewat raperda yang diusulkan pihaknya. 


"Fokusnya dulu di internal sehingga ketika perda itu ada dapat berjalan dengan maksimal juga kan. Itu yang kami inginksn dan harapankan," pungkasnya. (Adv/Em/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama