Kebutuhan Transportasi Umum Meningkat, Pemkab Kukar Buka Rute Tenggarong - Tabang

Kukar, Prediksi.co.id- Bupati Kukar Edi Damansyah bersama Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin meresmikan rute angkutan darat perintis Samarinda - Tenggarong - Kembang Janggut - Tabang pada Sabtu (22/10/22) di Terminal Belida, kawasan Timbau Tenggarong.

Bupati Edi Damansyah menjelaskan  pembukaan rute yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kukar merupakan tugas pemerintah dalam menyediakan sarana dan prasarana angkutan.

Kebijakan pembukaan rute tersebut, Edi melanjutkan, tidak  bermaksud untuk mematikan usaha angkutan yang sudah berjalan, melainkan kehadiran pemerintah dalam memasilitasi keinginan masyarakat dalam kemudahan mendapat transportasi umum.

Kadishub Kukar Ahmad Junaidi menerangkan terbentuknya rute tersebut merupakan hasil survei Dishub Kukar, adanya kebutuhan masyarakat terhadap angkutan umum. 

Hasil survei dan rekomendasi kemudian disampaikan Dishub Kukar kepada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVII Kaltimtara lalu ditanggapi positif oleh BPTD dan kemudian diusulkan ke Kementerian Perhubungan. 

Kemudian oleh Kementerian ditugaskan Perum DAMRI untuk pelaksanaannya, dalam rute trayek ini akan beroperasi 1 unit bis yang berangkat setiap harinya, baik dari Samarinda dan dari Tabang. 

"Rute trayek ini nantinya akan dievaluasi kembali berdasarkan tingkat kebutuhan dan efektivitasnya, semoga semakin memudahkan masyarakat dan  menggeliatkan lagi angkutan umum yang memang masih sangat diperlukan masyarakat," harapnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama