Pemkab Kukar Hibahkan Lahan 4,5 Hektare ke Kemenag Kukar

 



Kukar, Prediksi.co.id- Kementerian Agama (Kemenag) Kutai Kartanegara, mendapatkan hibah lahan seluas 44.042 meter atau 4,5 hektare dari Pemerintah Kabupaten Kukar. Lahan yang berlokasi di Jalan Aji Imbut, Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur itu memiliki nilai Rp 410 Juta.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menuturkan, hibah lahan merupakan wujud komitmen Pemkab Kukar dalam bidang keagaamaan. Lahan hibah ini akan digunakan untuk pembangunan pusat pengembangan kawasan arena praktek manasik dan pembangunan pusat pelayanan haji dan umrah.

"Layanan haji dan umrah akan dibagun terpadu satu atap pada Kantor Kemenag Kukar," jelasnya.

Kepala Kemenag Kutai Kartanegara, Nasrun mengatakan, pihaknya tengah memastikan lahan hibah bermasalah. Salah satunya dengan menerbitkan sertifikat lahan yang dihibahkan.

“Ketika lahan sudah clear and clean, dari pusat (Kemenag RI) akan membangunkan lahan untuk pembinaan keagamaan,” ujarnya, Minggu (15/1/2023).

Pembangunan asrama haji transit, diperuntukkan agar calon jamaah haji yang berasal dari wilayah hulu Kukar bisa menginap dan beristirahat, sebelum diberangkatkan menuju Embarkasi Balikpapan. Bangunan tersebut nantinya dimanfaatkan calon jamaah haji dari kecamatan Tabang, Kembang Janggut dan Kenohan.

Hibah lahan diserahkan melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Berita Acara Serah Terima (BAST) Aset Daerah kepada Kemenag RI. Serah terima aset daerah ini tercantum dalam NPHD Nomor 1/NPHD/HK/2023 tanggal 2 Januari 2023 dan BAST Nomor 1/BAST/HK/2023, tanggal 2 Januari 2023.

Hibah lahan Pemkab Kukar kepada Kemenag RI juga diperkuat dengan ditetapkannya Surat Keputusan Bupati Kukar Nomor 598/SK-BUP/HK/2022.

Melalui penandatanganan NPHD dan BAST aset daerah, Edi Damansyah berharap dapat membantu Kemenag Kukar agar terus berkembang.

"Ini sebagai komitmen Kemenag menunaikan tugasnya dalam menangani masalah-masalah keagamaan dan keumatan," seru Edi.

Untuk diketahui, telah ada 3 kabupaten di Kalimantan Timur (Kaltim) yang memiliki Pusat Layanan Haji dan Umrah. Yakni Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Paser, dan Kabupaten Kutai Barat yang baru akan dibangun pada 2023.




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama