Tim Renja DPRD Kaltim Evaluasi Kegiatan Dewan, Efektifkan Perjalanan Dinas dan Dorong Setwan Memiliki TV Parlemen



Samarinda, Prediksi.co.id- Wakil Ketua Tim Renja DPRD Kaltim, Rusman Ya'qub mengatakan Tim Rencana Kerja (Renja) DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah melakukan evaluasi kegiatan- kegiatan dewan  tahun  2021-2022. Hal ini juga sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun agenda kerja tahun 2024. Rabu (11/1/2023).

Rapat evaluasi program kesekretariatan DPRD Kaltim tahun 2021 -2022 ini kata Rusman, sebagai bahan  penyusunan rencana kerja tahun 2024. Sementara untuk tahun 2023 sudah disusun.

“Pembahasan evaluasi itu penting, untuk melihat apa saja program yang perlu ditingkatkan dan apa yang perlu dikurangi, sehingga bisa lebih efektif, penyusunan agenda dewan dikebut  dari sekarang, sebab dalam pembahasan APBD, Renja DPRD Kaltim merupakan bagian dari rencana kerja Pemerintah Provinsi,” jelasnya.

Adapun hal yang perlu dievaluasi, Rusman menjelaskan adalah  perjalanan dinas yang mestinya dibatasi agar efektif, seperti kunjungan komisi supaya tidak terpecah. Misalnya dalam satu kunjungan bisa 2-3 komisi karena itu tidak efektif.

Selanjutnya, Ia juga meminta adanya perbaikan sistem digitalisasi di sekretariat DPRD. Hal itu supaya ada modernisasi sistem sarana dan prasaran teknologi yang ada di sekretariat DPRD Kaltim.

“Kesekretariatan DPRD kita dorong agar memiliki bank data seputar dewan. Karena dinilai selama ini kalau ada anggota meminta data, baru dicarikan. Mestinya semua data sudah terakses dan tersedia. Oleh karena itu kesekretariatan perlu pro aktif dalam menggali data,”serunya.

"DPRD itu adalah bagian yang memberi layanan kepada masyarakat. Sekretariat diharapkan punya SDM yang kompeten untuk mengakses,  berupa agenda DPRD yang disajikan dalam bentuk digital," sambung Rusman.

Rusman juga mendorong agar DPRD Kaltim membuat TV Parlemen, sehingga semua sidang,  rapat dengar pendapat (RDP), Komisi, apalagi Paripurna bisa dipublish secara streaming, supaya masyarakat melihat pekerjaan apa yang dikerjakan oleh legislatif.

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama