Legislator Samsun Rangkul Pekerja Konstruksi Sanga-Sanga Songsong Pembangunan IKN

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun merangkul masyarakat Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara yang bermata pencaharian sebagai pekerja konstruksi untuk membentuk sebuah asosiasi profesi agar terorganisir  sabagai wadah meningkatkan kompetensi menuju kesiapan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Saya  bertemu dengan para tukang di Kecamatan Sanga-Sanga, dan memang warga sepakat untuk membentuk asosiasi untuk mewadahi profesi para tukang konstruksi, sebab selama ini belum pernah dibentuk organisasi seperti demikian,” ujar Samsun di Kukar, Kamis.

Dikemukakannya, dengan di bentuknya asosiasi bisa sekaligus menjadi tempat untuk saling berbagi rezeki. Karena kata Samsun, kalau saling memberikan informasi maka akan memudahkan pekerja ke depan. 

“Ini bagus, dan tentu juga menyangkut geliatnya pembangunan Ibukota Nusantara (IKN) yang tentu berdampak pada seluruh wilayah di Kaltim. Agar jangan sampai orang lokal kalah dari pekerja luar daerah dalam menangkap peluang,” imbuh Samsun.

Pengurus DPC PDI Perjuangan Kutai Kartanegara  Rahmat Dermawan yang juga  fasilitator menerangkan, jika ini memang niat dan tujuan untuk melindungi para pekerja konstruksi supaya lebih terfasilitasi dalam banyak hal dari sisi pendapatan, kesempatan bekerja, keamanan kerja dan lain-lain.

“Seperti halnya jika pemerintah ingin mendistribusikan program, kalau para tukang masih berdiri masing-masing dan tidak memiliki asosiasi atau forum, maka pemerintah akan sulit untuk membantu,” tutur Rahmat

Ia menyempaikan, berbeda jika ada legalitas forum. Pemerintah bisa membantu apa kebutuhan dan kendala pekerja dari aspirasi yang disampaikan.

Kemudian, kalau mereka sudah terasosiasi di lembaga, maka pemerintah bisa melegalitaskan mereka dan dilatih untuk menjadi tenaga kerja profesional.

“Harusnya sih ini berbentuk badan hukum, namun sementara baru di fokuskan di Kecamatan Sanga-Sanga dulu, kalau mereka sudah bisa mengakomodir di kabupaten maka ini bisa menginspirasi di seluruh kawasan di Kutai Kartanegara,” sambung Rahmat.

Senada dengan itu, warga Kecamatan Sanga Sanga yang berprofesi sebagai tukang konstruksi Marsudi mengaku merasa senang  atas dibentuknya kelompok pertukangan berbadan hukum. Karena akan memudahkan jalinan komunikasi dan koordinasi, sehingga mengurangi hal yang menjadi batasan dalam memperoleh informasi pekerjaan. 

“Kita semua memang berteman tapi kadang ada hal yang seolah mengkotak-kotak dalam memperoleh informasi pekerjaan,” kata Marsudi.

Ia berucap, karena sesuatu yang baik ini baru tercetus sekarang, maka diharapkan bisa menjadi inspirasi terbaik ke depan demi kesejahteraan bersama. (Fdi/Le/ADV/DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama