DPRD Kaltim Belajar Perda Pancasila dan Soswabang ke Yogyakarta

Yogyakarta, Prediksi.co.id - DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyambangi DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) guna mempelajari Peraturan Daerah (Perda), tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, dengan maksud mempersiapkan generasi yang kokoh pilar kebangsaannya menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Kami sengaja bertandang ke DIY karena menjadi satu-satunya provinsi yang sudah memiliki Perda Pancasila, bahkan kalau bisa akan mengadopsi 70 persen dari Perda DIY untuk diterapkan di daerah Kaltim,” ujar Ketua Pansus Raperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan DPRD Kalimantan Timur, Romadoni Putra Pratama di Yogyakarta, Jumat (10/3).

Ia memang memilih DIY sebagai satu-satunya provinsi yang punya perda ini,  karena di daerah tersebut lebih lengkap apa yang hendak diadopsi dalam memperkaya materi Perda itu di Kaltim. Pihak  DPRD Kaltim akan mengadopsi sekitar 70 persen dari draft Perda Pancasila dan Wawasan Kebangsaan  DIY

Lanjutnya, Di Kaltim gaya hidup mayarakat sudah serba digital, orang tak lagi memikirkan equality dan dasar negara,  Apalagi Kaltim akan jadi penyanga utama IKN jadi perlu disiapkan SDM di Kaltim dari sekarang, terutama penanaman jiwa pancasila dan wawasan kebangsaan yang kuat.

Secara khusus, Perda Pancasila sangat dibutuhkan untuk diterapkan di Kaltim karena tak lama lagi akan banyak pendatang masuk ke IKN. DPRD Kaltim tak ingin masyarakat setempat kalah saing dengan para pendatang seperti yang terjadi di Jakarta sejak lama.

"Kami ingin siapkan SDM Kaltim terlebih dahulu, salah satunya menggelorakan Pancasila lewat Perda ini. IKN saat ini sedang dibangun, akan banyak pendatang ke Kaltim, ASN juga. Kami ingin warga tidak ketinggalan. Apa yang sudah dilakukan di DIY, akan kami jalankan juga di Kaltim," lanjutnya.

Sementara, Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, yang menemui pansus dari Kaltim menyampaikan sangat terbuka dengan daerah yang sama-sama ingin belajar dan menggelorakan Pancasila dalam kehidupan masyarakat. Menurut Eko, semakin banyak daerah mengimplementasikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan maka keutuhan NKRI akan terus terwujud.

"Hari kami kedatangan tamu dari DPRD Kalimantan Timur yang ingin belajar tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. DIY terus menggelorakan semangat Pancasila melalui berbagai aspek misalnya pendidikan baik SMA sampai ASN di DIY. Lewat Dinas Kebudayaan juga kami menggelorakan melalui sektor budaya. Kami sedang usulkan museum Bung Karno. Kita sangat senang karena semakin banyak yang ingin bersama menggelorakan, mempraktekkan Pancasila," pungkas Eko. (Fdi/e/ADV.DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama