DPRD Kaltim Dukung Peningkatan Partisipasi Perempuan di Parlemen

Samarinda, Prediksi.co.id-  Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati mendukung keterlibatan perempuan di Parlemen, dengan mendorong keterlibatan dalam partisipasi politik sebesar 30 persen serta menyesuaikan aturan dan regulasi yang ada.

"Kuota 30 persen sebenarnya sudah memberikan peluang bagi perempuan untuk ikut dan terlibat dalam momentum politik, di mana kuota 30 persen itu tersendiri mendapatkan pengakuan dari undang-undang," ungkap Puji di Samarinda.

Disampaikannya, hingga sekarang keterwakilan perempuan di DPRD Kaltim dirinya merasa baru mencapai 12 persen, sehingga perlu menjadi evaluasi  bersama mengenai apa saja faktor penyebabnya.

Oleh sebab itu dia menyatakan perlu ada dorongan yang dilakukan untuk memberikan pengakuan sebagaimana perempuan menjalankan tugasnya.

"Tapi ya memang di urusan politik ini memiliki konsekuensi sangat besar. Bukan hanya harus pintar tetapi juga mau terlibat dalam kegiatan partai politik ," tambahnya.

Di sisi lain juga ia menyampaikan, saat  perempuan ingin masuk dalam jalur politik juga kerap menghadapi tantangan domestik, seperti dukungan dari keluarga, suami hingga anak-anak mereka.

"Makanya tidak heran ketika perempuan akan berpikir tiga kali ketika betul-betul ingin menempuh langkah tersebut," jelasnya.

Terakhir dirinya berharap perempuan bisa ikut terlibat dalam politik agar bisa menampung dan menegakkan aspirasi masyarakat terlebih pada perempuan.

"Saya harap peluang 30 persen bisa tercapai kuotanya bahkan kalau bisa lebih dari itu . Tugas perempuan di legislatif kalau dilakukan dengan baik maka insyaallah surga tempatnya," tutup Puji. (Fdi/Le/ADV/DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama