Edukasi Pentingnya Penghijauan, DLHK Kukar Tanam 6 Ribu Pohon di Sejumlah Desa

TANAM SERENTAK: Kepala Dinas DLHK Kukar, Alfian Noor saat melakukan penanaman pohon di Desa Bendang Raya (Istimewa). 


Tenggarong, Prediksi.co.id - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), melakukan kegiatan penanaman pohon serentak se-Indonesia, Untuk di Kukar dilaksanakan di Desa Bendang Raya, Kecamatan Tenggarong pada Senin (20/3/2023) Kemarin.


Kepala DLHK Kukar, Alfian Noor menuturkan kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan tindaklanjut dari surat yang dilayangkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, ditujukan kepada seluruh desa di Indonesia untuk melakukan penanaman pohon secara serentak.


"Untuk simbolisnya kita laksanakan di desa Bendang Raya, kita menanam 150 pohon kayu dan buah-buahan," ucap Alfian Noor saat dikonfirmasi, Rabu (22/3/2023). Dikatakan Alfian Noor, sedikitnya terdapat 15 desa di Kukar yang telah melakukan kegiatan penanaman pohon ini dan telah menanam sekitar 6 ribu pohon. 


Dirinya menjelaskan bahwa pohon yang ditanam merupakan pohon-pohon lokal dari hutan Borneo. Selain itu, lanjut Alfian Noor, kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat, tentang pentingnya keberadaan pohon bagi kehidupan.


Selain itu, ia juga menyampaikan kegiatan ini juga merupakan program pemerintah kabupaten (Pemkab) Kukar. Melalui gerakan menanam 1 juta pohon, yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026.


"Harapan kami adalah, masyarakat Kukar secara sadar melakukan kegiatan menanam pohon. Tanpa harus menunggu kegiatan seremonial," ungkapnya.


Selain melakukan kegiatan penanaman pohon, pada kesempatan ini DLHK Kukar melakukan penyerahan penghargaan Adiwiyata tingkat kabupaten kepada 20 sekolah di Kukar.


"Kita juga lakukan penyerahan penghargaan kepada dunia usaha yang melakukan pembinaan dan perduli terhadap sekolah-sekolah yang berada di wilayah kerjanya," pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama