Rahmat Dermawan Hadiri Musrenbang Sanga Sanga, Prioritaskan Pembangunan Kota Juang

 
Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Semangat membangun daerah semakin menggeliat, hal tersebut juga terlihat di Kecamatan Sanga Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), hal ini nampak dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024. 

Sanga-Sanga masyur dengan nama Kota Juang, dan ini menjadi destinasi wisata juang, namun perlu diakui memang perlu perhatian khusus. 

Tenaga ahli Pimpinan DPRD Kaltim, Rahmat Dermawan yang turut hadir dalam Musrenbang menuturkan, pihaknya memberikan perhatian khusus untuk pemerintah Kecamatan Sanga Sanga, terutama agar bisa memprogramkan kegiatan tersebut masuk ke dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Musrenbang.

“Supaya kami di DPRD Provinsi bisa membantu penganggaran, baik melalui APBD Provinsi ataupun Kabupaten yang dalam hal ini kami minta rekomendasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Kukar,” kata Rahmat.

Apalagi, kata Rahmat lagi, Sanga Sanga hadir sebagai daerah mitra IKN, tentu harus memiliki kesiapan khusus dalam menyiapkan sumber daya manusianya, supaya bisa bersaing dalam mengisi kekosongan atau tenaga kerja di IKN.

Selanjutnya, ingin memfokuskan juga kepada pembangunan non infrastruktur peningkatan ekonomi, seperti UKM, Unit Usaha Bersama, Pertanian dan sebagainya.

“Alhamdulilah sekarang sudah mengawal anggaran untuk bantuan pupuk dan memfasilitasi beberapa UKM agar di legalisasi. Supaya pemerintah bisa memberikan support melalui APBD Kabupaten maupun Provinsi,” kata Rahmat.

Kaltim, Rahmat menambahkan juga membutuhkan ekonomi alternatif ke depan karena tidak bisa mengandalkan dari sumber daya alam saja, tetapi ekonomi alternatif yang meliputi destinasi wisata.

“Nah produk wisata seperti UKM, UMKM. Ini harus di dorong supaya masyarakat bisa berdaya membangun kekuatan ekonomi sendiri,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Camat Kecamatan Sanga Sanga, M. Dachriansyah menerangkan, pihaknya mengaku bersama dengan masyarakat menginginkan adanya perbaikan infrastruktur di Sanga Sanga terutama infrastruktur yang digunakan untuk acara besar seperti, Peringatan Merah Putih 27 Januari. 

Ini agar nantinya bisa menjadi momen terbaik bagi sesama dalam penyelenggaraan acara nasional, baik di lingkungan Provinsi Kaltim, Indonesia ataupun Internasional. (Le/Ry)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama