Wakil DPRD Kaltim Harapkan Kerja Sama KPU-Polda Mengurangi Penyelewengan Pemilu


Samarinda, Prediksi.co.id - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Sigit Wibowo mengharapkan kerja sama antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi dengan Kepolisian Daerah (Polda) dapat mengurangi bahkan menghindari penyelewengan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Kami juga meminta agar pihak kepolisian untuk terus menjaga sinergitas bersama KPU dan TNI membangun demokrasi yang bersih, dan bebas dari praktik pelanggaran terhadap proses pemungutan suara nantinya," ucap Sigit di Samarinda, Senin (13/3).
 
Ia mengemukakan, kesuksesan atas Pemilu yang kondusif memang tugas semua pihak, baik itu Pemerintah, KPU, Bawaslu, Kepolisian, TNI, peserta Pemilu serta masyarakat umum.
 
Tambahnya, masyarakat memiliki peran yang sangat besar untuk mensukseskan Pemilu yang damai, bersih, jujur dan adil. Oleh karena itu, mulai dari sekarang mesti diberikan edukasi bagaimana ikut berperan aktif mendorong suksesnya Pemilu 2024.

"Kita harapkan peran Kepolisian bisa dioptimalkan dalam mengamankan pendistribusian logistik KPU ke depan, karena pengalaman seperti di daerah lain yang selama ini terkendala oleh hal terkait logistik Pemilu," tutur  Sigit.

Ia menyampaikan, dengan penandatanganan kerja sama antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi dengan Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim menciptakan pelaksanaan Pemilu yang kondusif. 
 
"Hari ini saya mewakili pimpinan DPRD Kaltim untuk menghadiri prosesi penandatanganan kerja sama antara Ketua KPU dengan Polda Kaltim, mengharapkan terciptanya penyelenggaraan Pemilu yang kondusif, jujur, transparan dan adil," ungkap Sigit Wibowo.
 
Ia menyampaikan bahwa penandatanganan tersebut memang rutin dilaksanakan setiap pesta demokrasi lima tahun sekali, dan selama ini penyelenggaraan Pemilu untuk wilayah Kaltim terlaksana secara kondusif.
 
Lanjutnya, penandatanganan perjanjian ini memberikan pendampingan dan pengawalan instensif Polda dalam tahapan - tahapan Pemilu, mengurangi atau bahkan bisa menghindari tindak kecurangan terkait kepemiluan, baik dari peserta mau pun pelaksana.
 
Sementara itu, Ketua KPU Kaltim Rudiansyah mengatakan, penandatanganan perjanjian tersebut untuk mempertegas adanya dukungan yang intensif dalam membangun sinergi terkait kelancaran tahapan dan penyelenggaraan Pemilu antara KPU dengan Polda Kaltim.
 
Lanjutnya, walau pun sebelum dibubuhkan tanda tangan kerja sama kedua belah pihak, Polda Kaltim sudah banyak membantu kegiatan kepemiluan mulai dari tahapan verifikasi sampai pada pengawalan logistik dokumen KPU.
 
"Bentuk kerja sama salah satunya kita akan adakan pertemuan rutin terkait evaluasi terhadap tahapan yang dijalankan dan mendeteksi kendala apa bisa terjadi dan apa yang bisa dilayangkan sebagai solusi," ungkap Rudi. (Fdi/Le/ADV/DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama