Dari Kerjasama Plasma Sawit, Warga Desa Benua Puhun Mampu Hasilkan Rp 3 Juta Setiap Panen

Foto : Ilustrasi perkebunan kelapa sawit.

Tenggarong, Prediksi.co.id- Desa Benua Puhun yang berada di Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki potensi perkebunan kelapa sawit yang cukup menjanjikan. Di atas lahan seluas 100 hektare, sawit di desa tersebut bahkan diketahui sudah mulai panen sejak tahun 2009 silam. 

Masyarakat di Desa Benua Puhun di bantu dengan Pemerintah Desa (PemDes) juga telah bekerja sama dengan pihak perusahaan sawit yang berada di lingkungan desa. Kerjasama yang dibangun yakni berupa sewa lahan atau plasma. 

Kepala Desa Benua Puhun, Ardinansyah mengatakan bahwa kerjasama yang terjalin bersama PT Prima Mitra Jaya Mandiri (PMM) sudah berjalan sejak tahun 2009 silam hingga sekarang. Bahkan dikatakannya sebanyak 634 Kepala Keluarga (KK) telah mendapatkan hasil dari kerjasama plasma itu. 

"Di desa kami itu juga ada perkebunan sawit, kami bekerja sama dengan perusahaan. Satu KK itu bahkan bisa dapat Rp 3 juta setiap kali panennya," ucap Ardinansyah saat dihubungi, Rabu (19/4/2023). 

Meski begitu, Ardinansyah mengungkapkan bahwa warga baru bisa mendapatkan hasil dari plasma tersebut sejak 2021 lalu. Hal itu lantaran sejak 2009 menjalin kerjasama, pihaknya harus membayar hutang kepada pihak perusahaan untuk pemelihara kebun, pembukaan lahan, hingga panennya. 

"Sebenarnya kerjasama sudah dari 2009, cuma baru bisa dapat hasil per 2021 lalu. Karena kita harus bayar hutang dulu. Tapi sekarang sudah lunas sehingga warga sudah dapat nikmati hasilnya," pungkasnya. (Ki/Le/Adv).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama