Desa Perangat Baru Miliki Potensi Pengembangan Produksi Kopi Luwak

Foto : Bupati Edi Damansyah saat mengunjungi lahan perkebunan kopi di Desa Perangat Baru. 

Tenggarong, Prediksi.co.id - Desa Perangat Baru yang berada di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki sektor perkebunan kopi yang menjadi produksi unggulan. Salah satu yang menjadi komoditi unggulannya yakni kopi luwak. 

Melihat potensi itu, Pemerintah Desa (PemDes) Perangat Baru pun berencana untuk mengembangkan sektor perkebunan kopi luwak guna meningkatkan perekonomian warga di sana. 

Diketahui, Kopi Luwak dari Desa Perangat Baru dapat terjual dengan harga yang cukup fantastis yakni dikisaran Rp 4,5 juta per kilogramnya. 

Desa Perangat Baru, Kecamatan Marangkayu, dengan potensi baru ini, kini mulai dikembangkan. Sektor perkebunan kopi, terutama kopi luwak memiliki potensi menjadi komoditi unggulannya.

Kepala Desa Perangat Baru, Fitriati mengatakan bahwa potensi itulah yang dilihat oleh PemDes untuk dijadikan program khusus dari desa. 

"Saat ini jumlah petani kopi yang ada di desa kami ada sekitar 50 orang, mereka sudah melakukan penanaman kopi," ucap Fitriati saat dikonfirmasi awak media, Rabu (19/4/2023). 

Walaupun mempunyai potensi yang terbilang besar, namun Fitriati mengungkapkan bahwa pihaknya belum bisa menghasilkan banyak kopi produksi Desa Perangat Baru. Hal itu lantaran tanaman kopi di desanya baru sekitar dua hektare saja yang aktif memproduksi di atas lahan seluas 25 hektare. 

Fitriati mengaku, padahal banyak pihak yang tertarik dengan kopi luwak dari Desa Perangat Baru itu. Tak hanya dari dalam pulau Kalimantan saja, melainkan juga hingga ke pulau Bali. 

"Sebenarnya banyak yang minat dengan kopi luwak desa kami, hanya saja baru 2 hektare saja yang maksimal memproduksi, jadi masih terbatas untuk dipasarkan ke luar. Saat ini masih di pasarkan lokal saja," ungkapnya. 

Untuk itu, PemDes Perangat Baru merencanakan akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk memaksimalkan pengelolaan produksi kopi luwak. Tujuannya agar dapat meningkatkan perekonomian petani kopi di Desa Perangat Baru. 

Sehingga, diharapkan nantinya juga kopi luwak Desa Perangat Baru dapat membantu menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes). 

"Nanti setelah berjalan ini akan dikelola BUMDes yang akhirnya jadi PADes," pungkasnya. (Ki/Le/Adv).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama