DPRD Kaltim Minta Pemprov Kaltim Fokus Kegiatan Penopang IKN

Samarinda, Prediksi.co.id- Perhatian parlemen ke pemerintah provinsi Kaltim terhadap keberadaan IKN, kali ini berasal langsung dari Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Seno Aji.

Dirinya meminta agar pada penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kaltim lebih difokuskan pada kegiatan yang berhubungan dengan upaya menopang keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
 
"Fokus yang menjadi usulan adalah pada kegiatan Pemprov Kaltim bersangkutan dengan upaya menopang adanya Ibu Kota Negara (IKN)," ujar Seno Aji usai saat mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kaltim di Gedung Odah Etam Samarinda, Senin (17/4/2023).
 
Salah satu rekomendasi pihaknya kepada Pemprov Kaltim adalah tentang ketahanan pangan lokal, ini dalam rangka persiapan adanya IKN. Karena itu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait harus bisa lebih memperhatikan hal tersebut.
 
"Kita titik beratkan dipersiapan IKN sebagai provinsi penyanggah,ini yang kita sampaikan bagaimana memperbesar produk pertanian," kata Seno.
 
Tak hanya soal pertanian, pihaknya juga menekankan masalah infrastruktur yang masih menjadi PR besar bagi Pemprov Kaltim. Karena untuk menopang IKN tentu harus memiliki infrastruktur yang kuat, ini yang harus menjadi perhatian lebih dalam.
 
"Jalan tembus Kutai Kartanegara (Kukar) ke Mahakam Ulu (Mahulu) sangat perlu menjadi perhatian khusus," ungkap Seno.
 
Kedua hal itu, kata Seni, menjadi sorotan DPRD Provinsi Kaltim, kedua hal tersebut menjadi penting sebagai usaha menopang IKN dan  berpengaruh dari segi ketahanan pangan maupun akses jalan. (Di/Le/ADV/DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama