DPRD Kaltim Minta RKPD Fokus Kegiatan Penopang IKN

Samarinda, Presiden.co.id- Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Seno Aji meminta agar pada penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kaltim lebih difokuskan pada kegiatan yang berhubungan dengan upaya menopang keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Pada kesempatan ini, saya menegaskan fokus yang menjadi usulan pihaknya terhadap kegiatan Pemprov Kaltim bersangkutan dengan upaya menopang adanya Ibu Kota Negara (IKN)," ujar Seno Aji usai mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kaltim di Gedung Odah Etam Samarinda, Senin 

Ia mengungkapkan seperti salah satu yang menjadi rekomendasi pihaknya kepada Pemprov Kaltim yaitu tentang ketahanan pangan lokal dalam rangka persiapan adanya IKN.

 Ia meminta agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat lebih memperhatikan hal tersebut.

 "Kita titik beratkan di persiapan IKN sebagai kota penyanggah atau provinsi penyanggah, nah ini yang kita sampaikan tadi bagaimana kita memperbesar untuk jumlah Pertanian," kata Seno.

Tak hanya menyoroti tentang peningkatan produksi pertanian, Seno juga menandaskan masalah infrastruktur juga masih menjadi PR besar bagi Pemprov Kaltim.

Menurutnya, infrastruktur yang ada saat ini masih tergolong kurang, maka dari itu ia mendorong supaya dapat menjadi perhatian lebih dalam menopang adanya IKN tersebut.

 "Apalagi untuk jalan tembus Kutai Kartanegara (Kukar) ke Mahakam Ulu (Mahulu) yang masih perlu menjadi perhatian khusus," ucap Seno.

Ia menyampaikan, kedua hal itu yang sangat menjadi sorotan dari lembaga legislatif tingkat Kaltim ini, ia meyakini pentingnya dua hal dalam menopang adanya IKN sangat berperan penting baik itu dari segi ketahanan pangan maupun akses jalan yang begitu nyaman. (Fdi/Le/ADV/DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama