Kades Loh Sumber Sebut Beras Cap Tugu Dapat Bersaing dengan Produk Impor

BERAS KEBANGGAAN: Beras Cap Tugu hasil produksi Desa Loh Sumber (FOTO: Viki/Prediksi)

Tenggarong, Prediksi.co.id- Kepala Desa (Kades) Loh Sumber, Sukirno mengatakan pihaknya telah memproduksi beras hasil pertanian desanya sendiri, untuk memenuhi kebutuhan pangan warga di Desa Loh Sumber. 

Selain itu, ia juga mengaku, saat ini pihaknya telah bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Purnama untuk mengembangkan potensi produk beras Desa Loh Sumber yang diberi label Cap Tugu. 

"Jadi itulah yang mendasari Bumbes Sumber Purnama konsen pada bidang pertanian dalam arti luas, sebagai perwujudan visi misi kami yang sudah tertuang dalam RPJMDes dengan konsep Agro Solutions" ucap Sukirno, Senin (3/4/2023).

Sukirno juga optimis jika beras Cap Tugu hasil desanya itu dapat bersaing dengan produk-produk impor lainnya. Oleh karena itu, ia tak ingin ada produk beras lain masuk ke desa. Hal itu untuk meningkatkan perekonomian para petani di Desa Loh Sumber. 

"Itulah yang menjadi pertimbangan kami selain tentunya kesesuaian program dengan pemerintah daerah, kami tidak ingin ada beras dari luar masuk disini, target kami bisa memenuhi kebutuhan beras kecamatan Loa Kulu, bahkan masyarakat Kukar" ungkapnya. 

Ia mengaku, bahwa Desa Loh Sumber dan BUMDes Purnama juga telah memiliki pabrik pengolahan padi sendiri dengan berkapasitas 1 ton per jam. 

"Dengan konsep kami Agro Solutions semua permasalahan petani, baik itu masalah pupuk, bibit, pemanenan hingga naik turunnya harga gabah dapat teratasi" pungkasnya. 

Dengan adanya pabrik itu, diharapkan mampu mengatasi semua permasalahan yang dialami oleh para petani. Sebab, sejauh ini BUMDes membeli harga gabah dari petani diatas harga rata- rata. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama