Sawit di Desa Batu-batu Miliki Potensi Untuk Dikembangkan

TOPANG EKONOMI: Perkebunan sawit punya andil besar dalam perekonomian warga Desa Batu-batu (FOTO: Istimewa)

Tenggarong, Prediksi.co.id- Desa Batu-batu memiliki potensi besar dalam industri perkebunan sawit untuk dikembangkan. Sebab, diketahui Desa Batu-batu dikelilingi oleh areal perkebunan kelapa sawit yang mencapai ratusan hektare. 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa (Kades) Batu-batu, Basri saat dikonfirmasi awak media, Senin (3/4/2023). 

Ia mengatakan, potensi itu digunakan oleh warga setempat untuk meningkatkan perekonomian mereka serta pembangunan desa. Sebab kebanyakan warga di Desa Batu-batu merupakan petani kelapa sawit. 

Potensi sawit di Desa Batu-batu diakuinya juga memiliki peluang besar untuk meningkatkan perekonomian warga serta Pendapatan Asli Desa (PADes). 

"Ini potensi yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucap Basri. 

Sebanyak 60 persen warga di Desa Batu-batu dikatakannya memiliki lahan sawit yang dikelola pribadi. Oleh karena itu, ia mengaku bahwa hasil panen dari warga selama ini sangat berkontribusi dalam pembangunan desa. 

"Sebanyak 60 persen warga Batu-Batu memiliki lahan perkebunan kelapa sawit, dan itu sangat berkontribusi dalam pembangunan desa," ungkapnya. 

Dengan luasan lahan hingga ratusan hektare itu, terdapat 120 hingga 130 pohon sawit yang menjadi salah satu sumber perekonomian warga di Desa Batu-batu. 

Tak main-main dalam waktu satu kali panen, Desa Batu-batu dapat menghasilkan sedikitnya 500 kilogram hingga 1,5 ton sawit. 

"Saat panen itu langsung dijual ke pabrik atau pengepul yang harganya kisaran Rp 2 ribu perkilonya," paparnya.

Karena memiliki hasil sawit yang melimpah itu, Basri berharap potensi ini dapat dimanfaatkan pemerintah untuk dikembangkan agar perekonomian warga juga dapat meningkat. 

"Karena pengembangan potensi kelapa sawit bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat," pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama