Komite II DPD RI Kunker ke Pemkab Kukar, Ini yang Dibahas

DUDUK BERSAMA: Komite II DPD RI dan Pemkab Kukar bahas pelestarian hutan di Kukar. (FOTO: Viki/Prediksi).

Tenggarong, Prediksi.co.id- Dalam kunjungan kerja (Kunker) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), Komite II DPD RI membahas terkait dengan pelestarian hutan yang ada di Kukar. 

Pertemuan Pemkab Kukar dan Komite II DPD RI itu dilakukan di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Kukar, pada Senin (3/4/2023). 

Terdapat sejumlah pembahasan yang dibahas dalam pertemuan itu, diantaranya bagaimana Pemkab Kukar mampu melestarikan hutan. 

"Hari ini kita mendapatkan kunjungan dari Komite II DPD RI, yang menaungi bidang ekonomi secara keseluruhan. Mulai dari pertanian, pertambangan, lingkungan dan lainnya," ucap Sunggono.

Sunggono mengatakan bahwa pihaknya masih harus bekerja keras untuk bisa melestarikan hutan yang ada di Kabupaten Kukar. 

"Contoh seperti di kembang janggut, masyarakat disana mengupayakan ada hutan desa, untuk mengantisipasi banjir dan sebagai persediaan air bersih. Tapi wilayah itu masuk kawasan hutan tanam industri, sehingga kita harus berjibaku untuk membantu dan mengawasi keberadaan hutan tersebut," jelas Sunggono.

Tentunya ia berharap, dengan adanya pertemuan ini dapat membantu upaya pelestarian kawasan tersebut, agar tidak digarap oleh pihak manapun. Bahkan jika memungkinkan ditetapkan sebagai hutan desa.

"Ini salah satu contoh kecil dari permasalah hutan yang ada di Kukar, yang seharusnya tetap kita pertahankan sebagai kawasan hutan yang memelihara nilai kearifan lokal," pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama