116 KK di Lung Anai Nikmati Fasilitas Air Bersih

 



Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Pemkab Kukar terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Kukar, salah satu yang terbaru adalah ratusan warga Desa Lung Anai, Kecamatan Loa KuluKabupaten Kutai Kartanegara, kini bisa menikmati layanan air bersih. Fasilitas ini sudah dapat dinikmati sebagian besar masyarakat, tercatat sekitar 116 Kepala Keluarga (KK) dari total 148 KK atau 78 persen penduduk Desa Lung Anai.

 

Sebagai kebutuhan dasar,  tentu ini diperlukan masyarakat Desa Lung Anai. Realisasi ini merupakan bentuk sinergi perusahaan dengan TNI melalui Program TNI Manunggal Air Bersih (TMAB), sehingga kebutuhan air warga di desa budaya itu sudah terpenuhi. 

 

Kepala Desa Lung Anai, Lukas Nah menuturkan terus berupaya memberikan solusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat. Ia menjelaskan proyek TMAB sukses dan mendapat respon positif dari Bupati Kukar, Edi Damansyah yang meresmikan langsung fasilitas air bersih yang sudah rampung dibangun. 



“Desa yang mayoritas dihuni Suku Dayak ini sebenarnya memiliki sumber air bersih dari sungai kecil dengan sistem gravitasi.  Hanya saja, kondisi saluran air tersebut sudah rusak dan sering mengalami kemacetan.” Ungkapnya.

 

Karena itu diperlukan adanya bantuan pembangunan yang menjadi opsi lain bagi warga desa untuk bisa menikmati air bersih. Ini diwujudkan dengan membangun fasilitas lengkap berupa kolam penangkap air di sekitar sumbernya.  Air bersih disalurkan melalui jaringan pipa sepanjang 1,5 kilometer yang terhubung ke bak penampungan di desa dengan debit dua liter per detik.

 

“Saya harap air bersih ini mampu mengalir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa dan bisa menjadi lokasi wisata di Kecamatan Loa Kulu," jelasnya. (Di/Le/Adv)

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama