BUMDes Purnama Ikuti Program Makmur Idaman, Upaya Sejahterakan Petani

Foto : BUMDes Purnama, Desa Loh Sumber

Tenggarong, Prediksi.co.id- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Purnama, Desa Loh Sumber mendapatkan amanah untuk menjalankan Program Makmur Idaman. Program ini memastikan agar Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang menjalin komitmen dengan BUMDes Purnama dapat terjamin. 

Dengan adanya program ini para petani tak perlu khawatir lagi jika terpaksa mengalami gagal panen, sebab telah dijamin dan diasuransikan oleh BUMDes. Mulai dari proses olah-lahan hingga pasca panen.

Persoalan pupuk, hingga permasalahan hama juga akan ditanggulangi bersama. Caranya dengan menggandeng tenaga ahli yang kompeten dari pihak ketiga.

“Intinya warga petani kita sosialisasikan dan buat kesepakatan dan sampaikan program kita,” ucap Kepala Desa Loh Sumber, Sukirno saat dikonfirmasi Selasa (2/5/2023).

Tak cuma itu, Program Makmur Idaman juga akan menangani permasalahan harga gabah yang sering kali dipusingkan oleh petani, saat masa panen tiba.

Harga gabah yang kerap kali merosot bisa ditekan, dan diberikan harga standar yang tentunya tidak merugikan para petani.

“Tidak menyulitkan dan menguntungkan petani,” ungkapnya. 

Dengan program yang dijalankannya, BUMDes Purnama bisa dikatakan sukses menjalankan perannya.

BUMDes yang memang bergelut di bidang pertanian ini, memilih fokus memproduksi beras. Pemasarannya pun sudah menyasar toko-toko retail di Kukar. 

Sukirno menyebut, awalnya BUMDes yang dikelola desanya ini berkonsep agrosolution. Namun, seiring waktu berjalan, mereka mulai menjalankan program Makmur Idaman.

Kegiatan ini dijalankan dengan melakukan kolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

“BUMDes Sumber Purnama sendiri intinya pembinaan dan pemberdayaan kepada petani dan memberikan solusi-solusi dan jawaban kendala masalah petani di Loh Sumber,” pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama