Cuaca Ekstrim, Sekda Kukar Keluarkan Surat Edaran Waspada Karhutla

Foto : Sekda Kukar Sunggono.

Tenggarong, Prediksi.co.id - Hampir seluruh wilayah di Indonesia tak terkecuali Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah memasuki cuaca panas ekstrim. Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mengeluarkan surat imbauan terkait potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Surat bernomor B-950/BPBD/950/04/2023 tersebut ditandatangani langsung oleh Sekretaris Kabupaten Kukar, Sunggono. 

Dalam surat tersebut, Sunggono mengimbau kepada 20 Kecamatan di Kukar agar meningkatkan kesiagaan terhadap Karhutla, sesuai dengan prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memperkirakan akan terjadi musim kemarau pada awal Juni dan puncaknya pada Agustus 2023 mendatang.

“Saya meminta seluruh camat agar selalu menginformasikan dan berkoordinasi dengan kepala desa di wilayahnya masing-masing. BPBD Kukar akan mengadakan patroli terpadu pada bulan tersebut,” ucap Sunggono.

Selain itu, Sunggono juga memerintahkan para camat untuk melakukan upaya pencegahan Karhutla. Yakni dengan cara melakukan patroli karhutla secara terpadu, melakukan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla, dan membuat posko karhutla terpadu di masing-masing kecamatan. 

“Yang terpenting, selalu berkoordinasi dengan BPBD Kukar,” pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama