Dishub Kukar Optimis Mampu Sumbang PAD dari Pendapatan Retribusi Hingga 3 Miliar

Foto : Kepala Dishub Kukar, Ahmad Junaidi.

Tenggarong, Prediksi.co.id - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Ahmad Junaidi mengatakan, pihaknya menargetkan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga Rp 3 miliar pada tahun 2023 ini. 

Target itu akan dikumpulkan dari berbagai retribusi, seperti penyediaan pelayanan parkir, pengujian kendaraan bermotor dan lainnya.

Ia menyebutkan bahwa capaian pendapatan pada triwulan pertama tahun 2023 berasal dari enam sumber pendapatan yakni, retribusi penyediaan pelayanan parkir di tepi jalan umum, pengujian kendaraan bermotor, dan pemakaian kendaraan bermotor.

Kemudian, pelayanan penyediaan fasilitas lainnya di lingkungan terminal, pelayanan tempat khusus parkir dan retribusi pelayanan kepelabuhanan.

“Alhamdulilah capaian pendapatan pada triwulan I terus meningkat, dilihat dari tren peningkatan sejak Januari. Secara keseluruhan pendapatan pada awal tahun mencapai Rp74 juta, Februari Rp163 juta, dan Maret Rp267 juta,” ungkap Junaidi saat dikonfirmasi, Rabu (10/5/2023). 

Diakui Junaidi bahwa, Dishub Kukar memiliki pagu anggaran 2023 sebesar Rp67 miliar dengan realisasi belanja sebesar Rp7,3 miliar atau 10,88 persen. 

Rincinya, realisasi belanja berdasarkan program penunjang urusan pemerintahan daerah sebesar 16,80 persen. Sementara, program penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan 1,85 persen dan program pengelolaan pelayaran 1,40 persen. Lalu, untuk realisasi fisik berdasarkan program yakni program penunjang urusan pemerintah 26,80 persen.

"Kemudian itu Program LLAJ 18,30 persen dan program pengelolaan pelayanan 27, 20 persen sesuai dengan Aplikasi e- Pantau," pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama