Disperkim Kukar Rencanakan Ubah Bantaran Sungai Tenggarong Jadi Objek Wisata Baru

Foto : Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kukar, Maman Setiawan 

Tenggarong, Prediksi.co.id - Guna mempercantik tata letak Kecamatan Tenggarong, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kukar akan menata area pemukiman di Jalan Kartini dan Jalan Panjaitan.

Rencananya Disperkim Kukar akan mengubah lokasi tersebut untuk dijadikan sebagai tempat wisata unggulan di Kecamatan Tenggarong. 

“Lokasinya sendiri seluas sekitar 1,3 kilometer persegi di Jalan Kartini dan Jalan DI Panjaitan,” ucap Kepala Disperkim Kukar, Maman Setiawan saat dikonfirmasi, Selasa (9/5/2023). 

Ia mengatakan bahwa tujuan dari merombak kawasan tersebut yakni guna menarik minat wisatawan lokal maupun nasional serta mancanegara untuk berkunjung ke Kukar.

Maman menjelaskan, konsep pembangunannya ke depan akan diusung untuk pengembangan ekonomi masyarakat yang berbasis pada UMKM lokal. Hal itu didorong agar area tersebut menjadi wisata unggulan di Kukar.

“Akan kita tata dengan baik, tujuannya agar tidak ada lagi bangunan yang membelakangi Sungai Mahakam,” ungkapnya.

Dalam pembangunannya nanti, Disperkim Kukar disebutkannya akan menggelontorkan dana sekitar Rp 200 miliar dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Anggaran itu akan digunakan untuk membongkar 196 rumah warga yang berasal di pinggiran anak Sungai Mahakam.

“Nantinya akan kita bangun 300 unit bangunan dengan ukuran 6×7 meter dengan bentuk yang seragam dan bernuansa rumah adat Kutai,” sebutnya.

Kata dia, sepanjang area tersebut juga akan dibangun pemukiman untuk pelaku UMKM yang akan ditentukan oleh Pemkab Kukar. Selain itu juga akan dibangun taman, wisata kapal serta tempat kuliner tradisional dan modern.

“Ada juga teater mini dan souvernir seperti yang ada di Malioboro Yogyakarta,” pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama